Implementasi Metode Talking Stick untuk Meningatkan Keterampialn Berbicara Siswa

Authors

  • Ela Nurlaela SD Islam Attarbiyah
  • Iis Nurasiah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah
  • Irna Khaleda Nurmeta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8694

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa  yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan memiliki keterampilan berbicara,  siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya. Tetapi, masih banyak siswa yang belum memilki keterampilan tersebut. Untuk mengatasinya  peneliti menggunakan metode pembelajaran talking stick. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui implementasi metode talking stick untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. instrumen pangumpulan data berupa observasi  dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas 6 disalah satu SD Islam di kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2023/2024  yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian siklus 1 presentase ketuntasan  64 % atau sebanyak 11 siswa yang tuntas, sisanya 36 % lagi atau 6 siswa belum tuntas. Kenaikan terjadi di siklus ke 2. Presentase ketuntasan naik signifikan menjadi 88 % atau sebanyak 15 siswa tuntas, dan 12 % lagi atau 2 orang siswa tidak tuntas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode talking stick terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian penggunaan metode talking stick pada pembelajaran dapat mendorong siswa untuk lebih aktif, meningkatkan rasa percaya diri dan berani mengeluarkan pendapat.

Keywords:

media pembelajran, taliking stick, ketrampilan berbicara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andre Suhardiana, I. P. (2019). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.704

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059

Kumullah, R., & Yulianto, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.490

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207

Nurasiah, I., Rachmawati, N., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2022). Literatur Riview: Model Pembelajaran Brain Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3991–4003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2768

Putra Antara, I. Nym., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. Ngh. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3(4), 423. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315

Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPS SD.

Sapriya. (2018). Pendidkan IPS. Remaja Rosda Karya.

Sari, I. (2018). ISSN : 2088-3145 Jurnal Manajemen Tools. 9(1).

Sibuea, M. S. W. Br., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2(1), 30. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007

Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Model Controversial Issue. Jurnal Holistika, 4(2), 71. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.71-76

Downloads

Abstract Views : 353
Downloads Count: 144

Published

2024-10-07

How to Cite

Nurlaela, E., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2024). Implementasi Metode Talking Stick untuk Meningatkan Keterampialn Berbicara Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8694

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.