Media Buku Mathstory Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematika Materi KPK Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Winda Ayu Puspaningrum Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6084

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk mempertahankan kreativitas dan kemampuan berpikir cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi. Kreativitas memiliki tahapan proses yang melibatkan permasalahan, konsep, ide, dan implementasi. Literasi, termasuk literasi matematika, menjadi fokus penting dalam mencapai berpikir kreatif siswa. Meski demikian, literasi matematika di Indonesia masih rendah. Penelitian ini menggunakan model RnD dan model ADDIE dengan tujuan mengembangkan buku MATHSTORY dalam pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas 4 SD. Penilaian oleh ahli materi, media, dan sastra anak menunjukkan buku ini memiliki kriteria sangat baik dalam aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Respon siswa juga positif, menunjukkan keberhasilan buku dalam pembelajaran. Uji coba dengan pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam berpikir kritis siswa setelah menggunakan buku MATHSTORY. Kesimpulannya, buku MATHSTORY layak digunakan sebagai inovasi efektif dalam pembelajaran matematika materi KPK kelas 4 SD, mendorong kreativitas dan peningkatan berpikir kritis siswa. Diperlukan perbaikan pada aspek tertentu, seperti perapihan penulisan dan penambahan latar belakang pada buku, tetapi secara keseluruhan, buku ini berpotensi sebagai alat yang berguna dalam pendidikan.

Keywords:

berpikir kreatif, media pembelajaran, matematika, KPK, MATHSTORY

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, & Ratna. (2016). Kebijakan pendidikan ditinjau dari segi hukum kebijakan publik. Jurnal ilmu hukum. Vol 7(2).

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.

Imai, T. (2000). The Influence of Overcoming Fixation in Mathematics Towards Divergent Thinking in Open-ended Mathematics Problems on Japanese Junior High School Students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 31(2), 187-193.

Kim, S. H., & Song, K. S., (2012). The Effects of Thinking Style Based Cooperative Learning on Group Creativity. Creative Education, 3, 20-24. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38B005.

Kozlowski, J. S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that Influence Mathematical Creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1), 505-540.

Leikin, R., & Lev, M (2007). Multiple Solution Tasks as a Magnifying Glass for Observation of Mathematical Creativity. In, 3. Proceedings of the 31st International Conference for the Psychology of Mathematics Education. (pp. 161-168).

Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKN Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Kab. Semarang. Widya Sari Press.

Mawardi. (2021). Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development) Pengertian R&D. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Prihartini, F. D. (2017). Skripsi: Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Malang: FKIP UMM.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights Interpretation. OECD Publishing.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Students Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548-553.

Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyono. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Guru Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 116–123.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Weisberg, R. (2020). Testing for Creativity: Divergent Thinking, Executive Functioning, and Creative Thinking. In Rethinking Creativity: Inside-the-Box Thinking as the Basis for Innovation (pp. 319-352). Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108785259.010.

Van Harpen, X. Y., & Sriraman, B. (2013). “Creativity and mathematical problem posing: an analysis of high school students’ mathematical problem posing in China and the USA”. Educational Studies in Mathematics, 82(2), 201-221.

Downloads

Abstract Views : 470
Downloads Count: 142

Published

2023-11-20

How to Cite

Puspaningrum, W. A., & Setiawan, Y. (2023). Media Buku Mathstory Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematika Materi KPK Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2106–2113. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6084

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.