Media Buku Mathstory Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematika Materi KPK Siswa Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6084Abstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk mempertahankan kreativitas dan kemampuan berpikir cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi. Kreativitas memiliki tahapan proses yang melibatkan permasalahan, konsep, ide, dan implementasi. Literasi, termasuk literasi matematika, menjadi fokus penting dalam mencapai berpikir kreatif siswa. Meski demikian, literasi matematika di Indonesia masih rendah. Penelitian ini menggunakan model RnD dan model ADDIE dengan tujuan mengembangkan buku MATHSTORY dalam pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas 4 SD. Penilaian oleh ahli materi, media, dan sastra anak menunjukkan buku ini memiliki kriteria sangat baik dalam aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Respon siswa juga positif, menunjukkan keberhasilan buku dalam pembelajaran. Uji coba dengan pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam berpikir kritis siswa setelah menggunakan buku MATHSTORY. Kesimpulannya, buku MATHSTORY layak digunakan sebagai inovasi efektif dalam pembelajaran matematika materi KPK kelas 4 SD, mendorong kreativitas dan peningkatan berpikir kritis siswa. Diperlukan perbaikan pada aspek tertentu, seperti perapihan penulisan dan penambahan latar belakang pada buku, tetapi secara keseluruhan, buku ini berpotensi sebagai alat yang berguna dalam pendidikan.
Keywords:
berpikir kreatif, media pembelajaran, matematika, KPK, MATHSTORYDownloads
References
Dewi, & Ratna. (2016). Kebijakan pendidikan ditinjau dari segi hukum kebijakan publik. Jurnal ilmu hukum. Vol 7(2).
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.
Imai, T. (2000). The Influence of Overcoming Fixation in Mathematics Towards Divergent Thinking in Open-ended Mathematics Problems on Japanese Junior High School Students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 31(2), 187-193.
Kim, S. H., & Song, K. S., (2012). The Effects of Thinking Style Based Cooperative Learning on Group Creativity. Creative Education, 3, 20-24. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38B005.
Kozlowski, J. S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that Influence Mathematical Creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1), 505-540.
Leikin, R., & Lev, M (2007). Multiple Solution Tasks as a Magnifying Glass for Observation of Mathematical Creativity. In, 3. Proceedings of the 31st International Conference for the Psychology of Mathematics Education. (pp. 161-168).
Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKN Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Kab. Semarang. Widya Sari Press.
Mawardi. (2021). Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development) Pengertian R&D. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.
Prihartini, F. D. (2017). Skripsi: Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Malang: FKIP UMM.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights Interpretation. OECD Publishing.
Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Students Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548-553.
Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyono. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Guru Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 116–123.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Weisberg, R. (2020). Testing for Creativity: Divergent Thinking, Executive Functioning, and Creative Thinking. In Rethinking Creativity: Inside-the-Box Thinking as the Basis for Innovation (pp. 319-352). Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108785259.010.
Van Harpen, X. Y., & Sriraman, B. (2013). “Creativity and mathematical problem posing: an analysis of high school students’ mathematical problem posing in China and the USA”. Educational Studies in Mathematics, 82(2), 201-221.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winda Ayu Puspaningrum, Yohana Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work