Problematika Pembelajaran Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Mualim Wijaya Universitas Nurul Jadid
  • Faiqotul Hikmah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4880

Abstract

Keterampilan membaca (maharah qira’ah) merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Arab setelah keterampilan berbicara. Maharah qira’ah adalah kemampuan membaca teks bahasa Arab dengan fashih sesuai dengan makharijul huruf, harakat, dan kaidah bahasa Arab  serta memahami isi teks tersebut dengan tepat. Namun banyak ditemukan permasalahan yang dihadapi siswa ketika mempelajari bahasa Arab, sebagai bahasa asing di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan membaca teks berbahasa Arab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Gunung Geni  dengan sumber data adalah para siswa dan guru pengajar Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa sulit membaca teks bahasa arab. Penyebab internal antara lain kurangnya minat membaca, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tata bahasa Arab, khususnya Nahwu dan Shorrof, serta kurangnya penguasaan mufrodat. Ada pun faktor eksternal disebabkan oleh kondisi lingkungan, ketiadaan sumber belajar seperti buku pelajaran, dan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang memadai

 

Keywords:

Faktor kesulitan, maharah qiro’ah, bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Membaca Teks Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Maharah Qira'ah (Studi Deskriptif pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan di SMK Yapari Aktripa Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ardiansyah, M. B. S. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Berbahasa Arab pada Siswa Kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Ekawati, D. (2010). The Interactive-Compensatory Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama: Studi Pengembangan pada SMP di Kota Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fathin, D. U., & Sya, M. F. (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan Berbahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 468-473.

Fitriyanti, E. N., Ishak, D. M., & Azizah, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira'ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 61-74).

Hadiyanto, A., Samitri, C., & Ulfah, S. M. (2020). Model pembelajaran bahasa arab multiliterasi berbasis kearifan lokal dan moderasi islam di perguruan tinggi negeri. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 117-140.

Hamka, D. L., Mantasiah R, M. R., & Mariah, E. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1(2), 196-205.

Hidayah, N., & Qomariah, U. K. (2020). Kamus Tematik Sains Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Mahasiswa Biologi. Al-Lahjah, 3(2), 20-28.

Irfan, H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 129-152.

Janah, A. R., Ansori, A. A., Maghfirah, S. N., & Tiara, D. P. (2022). Problematika Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X Ipa Ma Al-Mukarom Ponorogo. In AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (Vol. 2, No. 1, pp. 17-24).

Insaniyah, A. L., & Kumala, U. Y. N. (2022). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 47-60.

Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156.

Nurhuda, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Santri Nurul Huda Kartasura. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(1), 23-29.

Pamessangi, A. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education, 2(1).

Puspitaloka, N., & Wahyuna, Y. T. (2018). Kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa PIAUD dalam pembelajaran Bahasa Inggris. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 120-136.

Puspitasari, S. L. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab: Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VIII di Pondok Pesantren Al-basyariyah Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166-5180.

Supriadi, A., Akla, A., & Sutarjo, J. (2020). Problematika Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. An Nabighoh, 22(02), 211-230.

Suprihatin, A. (2015). Pengembangan bahan ajar membaca program bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat intermediate. Jurnal Nosi, 3(3), 297-306.

Triana, H. W., Faisol, Y., Anuar, L. I., Fitri, A., Syaifullah, S., Osama, U., ... & Yuni, F. N. (2018). Problematika Membaca Teks Arab Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Imam Bonjol Padang: Analisis Morfologis-Sintaktis-Semantis. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 10(1), 818-847.

Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa arab. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30-46.

Downloads

Abstract Views : 1633
Downloads Count: 1121

Published

2023-06-07

How to Cite

Wijaya, M., & Hikmah, F. (2023). Problematika Pembelajaran Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 858–864. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4880

Issue

Section

Articles