Pengaruh Tari Kudu Lempang Terhadap Nilai Gotong Royong Pada Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5128Abstract
Penelitian ini fokus pada pengaruh pembelajaran seni tari dengan menggunakan tari tradisional "kudu leumpang" terhadap karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1.A dan 1.B SDN Cemerlang dengan total 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran seni tari dengan tari kudu leumpang mengalami peningkatan nilai gotong royong yang signifikan, sementara siswa yang tidak menggunakan tari kudu leumpang tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam nilai gotong royong. Dalam proses pembelajaran tari, siswa dibentuk dalam kelompok untuk menampilkan tarian secara berkelompok, yang memungkinkan interaksi sosial dan kerjasama yang lebih baik. Peningkatan karakter gotong royong juga dikaitkan dengan keberagaman fungsi tari dalam budaya dan identitas komunitas, serta pengenalan tradisi dan warisan budaya. Hasil penelitian ini mendukung pentingnya pembelajaran seni tari dalam mengembangkan karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, pembelajaran seni tari dengan melibatkan unsur tradisional dapat menjadi alat yang efektif untuk membentuk karakter sosial siswa sejak dini.
Keywords:
Tari Kudu Leumpang, Gotong Royong, Siswa Sekolah DasarDownloads
References
Alkaf, M. (2012). Tari sebagai gejala kebudayaan: studi tentang eksistensi tari rakyat di boyolali. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(2).
Cook, T. D., & Campbell, D. T. (1986). The causal assumptions of quasi-experimental practice: The origins of quasi-experimental practice. Synthese, 141-180.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203.
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.
Khumairo, S. & Manik, A. Y. (2022). Pengaruh Ekstrakurikuler Tari Terhadap Pendidikan Karakter Kerja Sama Siswa di SDIT Al Akbar Karanggayam Srengat Blitar. Islamic Elementary School: Journal Of Education. 2, (2), 1-14.
Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22-31.
Nainggolan, M. S. (2017). Makna Tari Tortor Sebagai Identitas Orang Batak Di Kota Balikpapan. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 156-169.
Putri, S. D., Utami, I., Setiono, P., & Yuliantini, N. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 121-133.
Ramadani, Z., Kusumawardani, D., & Sari, K. M. (2022). Meningkatkan Karakter Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Manajemen Produksi Seni Pertunjukan. Jurnal Pendidikan Tari, 3(1), 29-39.
Rohana. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1, (1), 27-42.
Rosmita, R. A. (2018). Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni tari tradisional di sekolah dasar. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 147-161.
Suardi, A. (2020). Wayang Sukuraga Dari Bahasa Rupa ke Bahasa Pertunjukan. Pantun: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 4(1).
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57-68.
Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pembelajaran Tari dalam Kurikulum Paud. Spasi Media.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Salisa Salwiyah, Luthfi Hamdani Maula, Irna Khaleda Nurmeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work