Pengaruh Tari Kudu Lempang Terhadap Nilai Gotong Royong Pada Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Salisa Salwiyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5128

Keywords:

Tari Kudu Leumpang, Gotong Royong, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengaruh pembelajaran seni tari dengan menggunakan tari tradisional "kudu leumpang" terhadap karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1.A dan 1.B SDN Cemerlang dengan total 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran seni tari dengan tari kudu leumpang mengalami peningkatan nilai gotong royong yang signifikan, sementara siswa yang tidak menggunakan tari kudu leumpang tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam nilai gotong royong. Dalam proses pembelajaran tari, siswa dibentuk dalam kelompok untuk menampilkan tarian secara berkelompok, yang memungkinkan interaksi sosial dan kerjasama yang lebih baik. Peningkatan karakter gotong royong juga dikaitkan dengan keberagaman fungsi tari dalam budaya dan identitas komunitas, serta pengenalan tradisi dan warisan budaya. Hasil penelitian ini mendukung pentingnya pembelajaran seni tari dalam mengembangkan karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, pembelajaran seni tari dengan melibatkan unsur tradisional dapat menjadi alat yang efektif untuk membentuk karakter sosial siswa sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkaf, M. (2012). Tari sebagai gejala kebudayaan: studi tentang eksistensi tari rakyat di boyolali. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(2).

Cook, T. D., & Campbell, D. T. (1986). The causal assumptions of quasi-experimental practice: The origins of quasi-experimental practice. Synthese, 141-180.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203.

Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.

Khumairo, S. & Manik, A. Y. (2022). Pengaruh Ekstrakurikuler Tari Terhadap Pendidikan Karakter Kerja Sama Siswa di SDIT Al Akbar Karanggayam Srengat Blitar. Islamic Elementary School: Journal Of Education. 2, (2), 1-14.

Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22-31.

Nainggolan, M. S. (2017). Makna Tari Tortor Sebagai Identitas Orang Batak Di Kota Balikpapan. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 156-169.

Putri, S. D., Utami, I., Setiono, P., & Yuliantini, N. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 121-133.

Ramadani, Z., Kusumawardani, D., & Sari, K. M. (2022). Meningkatkan Karakter Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Manajemen Produksi Seni Pertunjukan. Jurnal Pendidikan Tari, 3(1), 29-39.

Rohana. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1, (1), 27-42.

Rosmita, R. A. (2018). Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni tari tradisional di sekolah dasar. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 147-161.

Suardi, A. (2020). Wayang Sukuraga Dari Bahasa Rupa ke Bahasa Pertunjukan. Pantun: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 4(1).

Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57-68.

Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pembelajaran Tari dalam Kurikulum Paud. Spasi Media.

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Salwiyah, S. S., Maula, L. H., & Nurmeta , I. K. (2023). Pengaruh Tari Kudu Lempang Terhadap Nilai Gotong Royong Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1424–1429. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5128