Penggunaan Cangkang Telur Berbasis Wayang Sukuraga Untuk Meningkatkan Keterampilan Seni Rupa Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5290Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keterampilan seni rupa dua dimensi peserta didik dalam menggunakan media lain selain media konvensional pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Maka dari itu dibutuhkan media lain sebagai sarana alternatif untuk memberikan pengalaman serta membantu mengembangkan keterampilan seni rupa pada pembelajaran SBdP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan cangkang telur terhadap keterampilan seni rupa dua dimensi peserta didik, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu kelas V SDN Sriwidari 1 dengan 15 peserta didik di kelas eksperimen dan 15 peserta didik di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara sebagai studi pendahuluan dan lembar tes untuk mengukur keterampilan seni rupa peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian terkait keterampilan seni rupa peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan seni rupa dua dimensi dalam materi membuat karya seni rupa daerah di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian, media cangkang telur memiliki pengaruh terhadap kemampuan seni rupa peserta didik.
Keywords:
keterampilan seni rupa dua dimensi, media cangkang telurDownloads
References
Anggraeni, SD. (2020). Analisis Faktor Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang Mempengaruhi Mutu Pembelejaran Seni Budaya dan Keterampilan di SD Muhammadiyah Pringsewu. Skripsi pada UIN Raden Intan Lampung: tidak diterbitkan.
Ashlihah, A., Saputri, M. M., & Fauzan, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga organik menjadi pupuk kompos. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30-33.
Darmawan, A. (2020). Reaktualisasi Seni Wayang Sukuraga Melalui Perancangan Pop Up Poster. Jurnal Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa, 2(2), 41-47.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.
Marliani, N. (2015). Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).
Nasihudin, N., & Hariyadin, H. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 733-743.
Nurwahyuni, P. P., & Suprayitno. (2019). Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Puyuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Kolase Di Kelas Iv Sdn Ngastemi 1 Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 07, (04), 3141-3150.
Regina, B. D., & Kurniawan, W. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Karya Seni Rupa Khas Kabupaten Malang Pada Pembelajaran SBdP DI SDM 8 DAU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 350-358.
Rizky, E. N. (2022). Peranan Rumah Budaya Sukuraga dalam menjaga eksistensi kesenian wayang Sukuraga khas Kota Sukabumi tahun 2016-2021. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 2(3), 338-351.
Sari, H. M., Uswatun, D. A., Amalia, A. R., Mariam, S., & Yohana, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa melalui Kartu Kata Berbasis Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 7707-7715.
Sukmawan, R. (2022). Bagaimana Muka diwujudkan dalam Interaksi Komunikasi pada Pertunjukan Wayang Sukuraga. PRASASTI: Journal of Linguistics, 7(2), 227-242.
Susetyo, B. (2018). Penambahan Limbah Bekas Untuk Peningkatan Kreativitas Dan Inovasi Peralatan Musik Pada Mata Kuliyah Ansambel Musik Di Prodi Pendidikan Seni Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang. JSM (Jurnal Seni Musik), 7(2).
Tulfitri, A., & Lilianti, E. (2020). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (kantong plastik dan botol). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 153.
Yunisrul. (2020). Pembelajaran Seni Rupa Di SD. Sleman : Deepublish
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sindi, Luthfi Hamdani Maula, Irna Khaleda Nurmeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work