Pemanfaatan Nilai Budaya Putri Pukes sebagai Bahan Ajar BIPA Tingkat Menengah

Authors

  • Dian Syahfitri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11995

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat menengah memerlukan bahan ajar yang tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, tetapi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya Indonesia. Cerita rakyat Putri Pukes dari Gayo, Aceh, memuat nilai-nilai budaya, seperti penghormatan terhadap orang tua, kepatuhan pada adat istiadat, dan hubungan manusia dengan alam, yang relevan untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai budaya dalam cerita Putri Pukes serta potensinya sebagai bahan ajar BIPA tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Data dianalisis berdasarkan isi cerita rakyat Putri Pukes, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran BIPA dengan menggunakan media audiovisual. Analisis difokuskan pada nilai-nilai budaya yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran bahasa, meliputi kompetensi membaca, berbicara, dan diskusi budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Putri Pukes mengandung sejumlah nilai budaya yang relevan untuk pembelajaran BIPA, seperti penghormatan terhadap orang tua, larangan melanggar adat, kesabaran, dan hubungan manusia dengan alam. Cerita ini juga mengandung kosa kata, ungkapan, dan struktur kalimat yang sesuai untuk peserta didik tingkat menengah. Dari analisis, ditemukan bahwa cerita rakyat ini memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap budaya Indonesia sekaligus mengasah kemampuan bahasa mereka melalui kegiatan membaca, diskusi, dan presentasi budaya. Integrasi cerita rakyat Putri Pukes sebagai bahan ajar BIPA memberikan pendekatan pembelajaran berbasis budaya yang holistik. Cerita ini tidak hanya membantu peserta didik memahami norma sosial dan tradisi masyarakat Indonesia, tetapi juga membangun kemampuan berpikir kritis melalui diskusi lintas budaya. Pendekatan ini relevan dengan kebutuhan pembelajaran BIPA tingkat menengah yang mengutamakan penguasaan bahasa sekaligus pengenalan budaya.

Keywords:

BIPA, cerita rakyat, nilai budaya, Putri Pukes, kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amandangi, Dewi Prajnaparamitha, dkk. 2020. Cerita Rakyat Sebagai Bahan Pengayaan Literasi Budaya Bagi Pemelajar BIPA Tingkat Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20 (2), 157-166. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i2.33056.

Arianto, dkk. 2024. Pengenalan Budaya Sumatera Utara (Ulos Batak Toba) melalui Permainan Ular Tangga Edukatif sebagai bahan Ajar BIPA. Jurnal Silampari BISA, 7(1), 274-290. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/2705

Bascom, W. (1965). The forms of Folklore: Prose narratives. In A. Dundes (Ed.), The study of folklore (pp. 3-20). Prentice-Hall.

Haryanto. (2013). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Gava Media.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kramsch, C. (1993). Context and Culture in Language Teaching. Oxford University Press.

Muliastuti, Liliana. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Acuan Teori, dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Nuraeni, S. (2016). Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Bahasa: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 123-135.

Pratiwi, Amalia Eka. (2020). Transformasi dan Nilai Budaya dalam Asal Usul Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10 (2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.29124

Rahiya, Ivana Septia. (2022) Pemanfaatan Nilai Budaya Rawa Pening sebagai Bahan Ajar BIPA. Jurnal Digdaya: Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan, 1(1), 29 – 34.

Rohidi, T. R. (2004). Kearifan Budaya dalam Seni. STISI Press.

Suyitno, Imam. 2007. “Pengembanan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan” dalam Jurnal Wacana Vol. 9 No. April 2007.

Downloads

Abstract Views : 230
Downloads Count: 47

Published

2025-01-30

How to Cite

Syahfitri, D., Putrayasa, I. B., Wisudariani, N. M. R., & Sudiana , I. N. (2025). Pemanfaatan Nilai Budaya Putri Pukes sebagai Bahan Ajar BIPA Tingkat Menengah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11995

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.