Efektivitas Media Kartu Bergambar Dengan Teknik Scramble Pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5586Keywords:
Kartu Bergambar, Teknik Scramble dan Keterampilan, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu bergambar dengan teknik scramble pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Praya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di SDN 11 Praya dimana kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa, sedangkan kelas II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes Awal (Pretest) dan Tes Akhir (Posttest). Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji leneve test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya media kartu bergambar dengan teknik scramble efektif pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 11 Praya.
Downloads
References
Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan kelompok B TK Aisyiyah Ba Pancor. Bintang, 1(2), 112-130.
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467-475.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal pendidikan anak, 8(1), 29-37.
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31-43.
Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 165-169).
Galuh, G. A. M., Artharina, F. P., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Tambakrejo 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4721-4730.
Hakim, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2).
Ilham, M., & Desinatalia, R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar Animasi berbasis PowerPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(2), 100-114.
Ina, Y. T., Gena, E. B. H., & Kami, K. (2022). Penerapan Pendekatan Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mananga Aba. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 6(2), 6-11.
Iskandarwassid & D. Suhendar. (2008). Strategi pembelajaran bahasa dan sastra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 40-49.
Masykuri, M. (2019). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap tahun 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).
Maulfani, C. P., Rahmad, R., & Sulistyowati, S. (2023). Pendampingan Kegiatan Membaca Siswa Kelas III SDN Pilang 1 Melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa IAIN Palangka Raya. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 113-118.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.
Shoimin. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Bandung: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sundari, R. K., & Damayanti, M. I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Suka Baca Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 980-989.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinda Sekar Kinasih, Siti Rohana Hariana Intihana, Dyah Indraswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work