Perubahan Budaya Sekolah Penggerak Ditinjau Dari 2 Standar Nasional Pendidikan di SDN Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5608Abstract
Sekolah penggerak merupakan program yang berupaya meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila dan menjamin kualitas pendidikan melalui peningkatan kapasitas kepala sekolah untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas. Dengan adanya program baru ini di sekolah akan memunculkan perubahan budaya yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan perubahan budaya sekolah penggerak ditinjau dari 2 standar Pendidikan Nasional di SDN Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggambarkan subjek tentang situasi dan data yang diperoleh dengan observasi dan pertanyaan. Pendekatan fenomenologis didasarkan pada minat untuk mengkaji lebih dalam fenomena yang dialami oleh informan. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Penelitian ini menjelaskan perubahan sebelum dan sesudah menjadi sekolah penggerak yang disesuaikan dengan 2 Standar Nasional Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program sekolah penggerak membuat guru di SDN Kabupaten Sukabumi mengalami perkembangan. Sarana dan prasarana yang ada di sekolah juga banyak mengalami perubahan, lahan yang lebih tertata, sekolah dilengkapi dengan 35 chrome book sebagai penunjang pembelajaran.
Keywords:
perubahan budaya, sekolah penggerak, 2 SNPDownloads
References
Abdullah, S., & Nawai, F. A. (2023). Pengelolaan Digitalisasi Sekolah Pada Sekolah Penggerak. 14(Nomor 01), 46–63.
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Bafadal, I. (2003). Manajemen perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto, H. M. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 128–140. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936
Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96. https://media.neliti.com/media/publications/publications/256481-pengembangan-budaya-sekolah-1bf3dd81.pdf
Fiantika, F. R., Wasil, M., Honesti, L., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., & Maharani, A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press. https://books.google.co.id/books?id=yXpmEAAAQBAJ
Hazmi, Nahdatul. (2019). “Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 2(1):56–65.
Kemdikbud, (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Diakses dari: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/216118/permendikbud-no-24-tahun-2007
Kemendikbudristek, (2021). Mari Bersama Memajukan Pendidikan Indonesia Melalui Program Sekolah Penggerak. Diakses dari: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
Marmoah, S., Istiyati, S., Mahfud, H., Supianto, S., & Sukarno, S. (2022). Persepsi Guru terhadap Implementasi Program Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 361. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i2.65122
Najib, M. B. A., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Multimedia interaktif untuk belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 29-34.
Nasyirwan. (2015). Pencapaian 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Manajer Pendidikan, 9(6), 724–736.
Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi dan pembelajaran matematika generasi milenial. Prosiding Sendika, 5(1).
Saidah, K., & Imron, I. F. (2022). Implementation of the Operational Curriculum of Sekolah Penggerak Program At Elementary Schools. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–81. https://doi.org/10.33650/pjp.v9i1.3557
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32-40.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muthia Hamduuna, Dyah Lyesmaya, Iis Nurasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work