Model Inquiry Learning Berbasis Literasi Digital Untuk Mingkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5558Abstract
Teknologi dapat memberikan kemudahan dalam mengakses informasi. Namun penggunaannya yang tidak terbatas dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga penting Literasi digital dikuasai siswa. Pendidikan harus mengintegrasikan literasi disgital ke dalam kurikulum. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model inkuiri, yang mempromosikan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model inquiry learning berbasis literasi digital, sementara kelas kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data minat belajar siswa diukur dengan menggunakan kuesioner yang valid dan reliabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model inquiry learning berbasis literasi digital memiliki minat belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari pretest (64,66) menjadi posttest (78,16), sementara kelas kontrol hanya mengalami peningkatan yang lebih kecil dari pretest (64) menjadi posttest (71,5).Penelitian ini menyimpulkan bahwa Model Inquiry Learning Berbasis Literasi Digital adalah pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Model ini juga memiliki dampak positif terhadap keterlibatan siswa, penggunaan teknologi, kemampuan pemecahan masalah, motivasi intrinsik, dan keterampilan literasi digital. Model ini efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menjadi alternatif yang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dengan demikian, pendidikan dapat lebih efektif dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital.
Keywords:
Inquiry learning, Model Pembelajaran, Literasi Digital, Minat BelajarDownloads
References
Asyhar, B. (2023). Kajian Analisis Model Pembelajaran Inkuiri–Infusi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1).
Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348.
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285.
Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 253-267.
Fajariyah, N., Utami, B., & Haryono, H. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas xi SMA al islam 1 surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 89-97.
Galuh, B. P. (2022). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 7(1)
Henthis, N. (2022). Pengaruh Pendekatan Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1991-2000.
Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Kurniawan, M. R., & Pambudi, D. I. (2018, October). Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena
Lukas, S., & Widowati, S. (2022). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Berbasis E-Learning Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VB SD Strada Bhakti Nusa. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3685-3700.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.
Prathiwi, A., & Utami, L. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis siswa menengah atas menggunakan model inquiry pictorial riddle. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 64-72.
Puspita, N., Wachyudi, K. ., & Hoerniasih, N. . (2023). Tongue Twister Method in Teaching Pronunciation: A Narrative Inquiry of Pre-Service English Teacher. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 197–203. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.391
Ramadhani, R. (2022). Pemanfaatan Literasi Digital terhadap Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD Negeri Kuala Baru Laut Tahun Ajaran 2021/2022. Pembelajaran Multiliterasi di SD/MI untuk Menghadapi Era Society 5.0, 41.
Sahputra, R. (2017). Peningkatan minat belajar siswa dengan pendekatan inkuiri pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2).
Sanita, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 567-577.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Syahera, A. (2021). Pengembangan Media Video Animasi “Garuda Pancasila” Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas I SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(2).
Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. D. (2021). Penggunaan Model Inquiry Learning dan Pengaruhnya terhadap Scientific Attitude Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 13(2), 143-154.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noor Mim Fachmi, Luthfi Hamdani Maula, Irna Khaleda Nurmeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work