Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088Abstract
Institusi pendidikan digunakan untuk membantu siswa mewujudkan potensi penuh mereka. Perubahan strategi persekolahan di Indonesia mengalami pasang surut oleh pertemuan-pertemuan tertentu. Pendidikan Indonesia perlu segera ditingkatkan jika ingin menghasilkan generasi-generasi individu yang tangguh yang mampu bersaing dengan bangsa lain dan tidak ketinggalan tren global. Salah satu tantangan yang dihadapi pendidikan saat ini ialah perubahan kebijakan ini. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah tentunya nantinya sangat dipengaruhi oleh perubahan kebijakan. Suka atau tidak suka guru dan siswa, mereka harus bisa beradaptasi dengan kebijakan pendidikan yang baru. Kajian ini bertujuan untuk (1) mempelajari lebih dalam tentang isu-isu pendidikan di Indonesia; (2) Mempelajari perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan dan kajian pustaka. Konsekuensi dari ujian ialah perubahan strategi pelatihan yang menggantikan sepenuhnya niat bekerja pada sifat persekolahan, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kesungguhan tinggi dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman globalisasi, tampaknya hasilnya harus belum terlihat dengan baik.
Keywords:
Policy, Education, Change, ProblemsDownloads
References
Adnani, Q. E. S., Gilkison, A., & McAra-Couper, J. (2023). A historical narrative of the development of midwifery education in Indonesia. Women and Birth, 36(1), e175–e178. https://doi.org/10.1016/j.wombi.2022.06.007
Ali, H., Sastrodiharjo, I., Saputra, F., Besar, G., Ekonomi, F., Bisnis, D., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93.
Amir, Reza Nur Ihsan, Alfia Miftakhul Jannah, Maulida Nurus Sofia, Ninda Budiyanti, G. (2021). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Linggau jurnal of elementary school education, 1(2), 24–29.
Amri, U., & Syahril, R. (2021). Konsistensi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2200–2205.
Bangkara, B. M. A. S. A., Pattiasina, P. J., Fatmawati, E., Heryani, A., & Damayanto, A. (2022). Relevance of education policy and implementation in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 6, 216–232. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns5.2156
Disas, E. P. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 158–166.
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Ishak, D. (2022). Equality of education quality in Indonesia through education Reform. Legal Brief, 11(2), 472–481.
Istanti, D. J. (2016). Dinamika Kebijakan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Pasca Reformasi. Jurnal Ilmu Politik dan Imlu Pemerintahan, 05(02), 1–23.
Jaysurrohman, R. A., Supandi, M., Wardani, M. T., Puthaen, M., & Setiawan, F. (2021). Problematika dalam Evaluasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 215–227.
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun, May, 1415–1420.
Machali, I. (2018). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Merentek, T. C., Sumual, S. D. M., Tuerah, P. R., & Karauwan, W. (2023). Mapalus In Educational Leadership. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 574–586. https://doi.org/10.51276/EDU.V4I2.411
Merentek, T. C., Sumual, T. E., Usoh, E. J., & Kampilong, J. K. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Masa Depan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.19109/ELIDARE.V9I1.16516
Nasution, E. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10.
Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000
Pitri, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Kesisteman Dan Kebijakan Pemerintah (Literature Review Manajemen Pendidikan). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854
Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Journal of Islam Education, 3(March), 1–19.
Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Indonesia. Jurnal Qiroah, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.73-81
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.
Sebayang, K. D. A., & Swaramarinda, D. R. (2020). Educational policy implementation in Indonesia: The art of decision making. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1286–1290.
Suhariadi, F., Sugiarti, R., Hardaningtyas, D., Mulyati, R., Kurniasari, E., Saadah, N., Yumni, H., & Abbas, A. (2023). Work from home: A behavioral model of Indonesian education workers’ productivity during Covid-19. Heliyon, 9(3), e14082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14082
Yuliah, E. (t.t.). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal at-Tadbir, 30, 129–153.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Theo Chanra Merentek, Josly Yakob Tintingon, Harol Reflie Lumapow, Viktory Nicodemus Joufree Rotty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work