Model Experiental Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhamad Fajar Sidiq Universitas Muhamadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5482

Keywords:

Literasi, Model, Eksperimen

Abstract

Pendidikan literasi keuangan sangatlah penting agar anak memiliki kemampuan untuk memahami, menilai dan bertindak dalam kesejahteraan keuangannya. penlitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan pemahaman literasi finansial siswa sekolah dasar dengan menggunakan Model experiental Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dayeuhluhur CBM dengan melibatkan dua kelas siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model experiential learning, sementara kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi siswa setelah perlakuan mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Perbandingan rata-rata tes menunjukkan bahwa pemahaman literasi finansial siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui Model Experiential Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Experiential Learning berpengaruh positif terhadap pemahaman Literasi Finansial siswa sekolah dasar. Dengan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa Model Experiential Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman Literasi Finansial siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, T. L., Wahid, F. S., & Yono, R. R. (2023). Penerapan Metode Berbagi Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasari. Era Lingua: Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia dan Humaniora, 1(1), 1-6.

Damanik, D., Erfiyana, N., Simanjuntak, R., Simanjuntak, M., Tarigan, H. E., Evi, P. A. M., & Marbun, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan Dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1), 49-54.

Dewita, E. N. (2021). Penerapan Teknik Eksperiential Learning Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Mengembangkan Potensi Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Sekadau Hilir Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 1(1), 1-6.

Fatimah, C. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dunia Ilmu, 3(1).

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2017). Penerapan Model Ekperiental Learning untuk meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sidat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 8 (1), 1-15.

Hendriyani, Y., & Kom, M. (2022). Pola, Prinsip, Dan Kriteria Memilih Strategi Pembelajaran. Bunga Rampai Pengantar Strategi Pembelajaran.

Indrayani, L. (2020). Makna literasi keuangan dalam keberlangsungan usaha industri rumah tangga perempuan Bali. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 407-428.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan pendidikan literasi finansial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491-1495.

Mardana, I. B. P. (2022). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(2), 201-210.

Nusron, L. A., Krismiatun, E. W., & Diansari, R. E. (2021). Pengaruh pembelajaran di perguruan tinggi dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap literasi keuangan. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria, 6 (2): 14-28.

Umkabu, T. (2023). Strategi Pembelajaran Experential Learning terhadap Peningkatan Akademik Siswa di SD Muhammadiyah Abepura. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 459-468.

Yunidawati, S., Cahyono, B. E. H., & Waraulia, A. M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Experientallearning Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Dalam mencipta puisi Pada Siswa Kelas viii Di smp Negeri 2 Ngebel tahun Ajaran 2017/2018. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 26-36.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Sidiq, M. F., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Model Experiental Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1631–1637. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5482

Most read articles by the same author(s)