Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review

  • Asrori Yudha Prawira Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Eko Prabowo Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fajar Febrianto Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Penelitan Kepustakaan, Model Pembelajaran Renang, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan dan penemuan baru. Kedua sebagai pembuktian atau pengujian tentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada dan yang ketiga untuk mengetahui pengembangan model Olahraga renang pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis isi artikel. Artikel penelitian yang sesuai dengan kriteria kemudian dikumpulkan dan dibuat ringkasan jurnal meliputi nama peneliti, tahun terbit jurnal, rancangan studi, tujuan penelitian, sampel, instrument (alat ukur) dan ringkasan hasil atau temuan. Terdapat 10 literatur yang membahas tentang model pembelajaran renang pada anak usia dini, semua jurnal tersebut adalah jurnal nasional yang dilakukan pencarian diportal google scholar dengan mengetik kata kunci “model pembelajaran renang” yang kemudian dianalisis menggunakan analisis critical appraisal untuk menganalisis dari inti jurnal, hasil studi sehingga mengetahui persamaan dan perbedaan dari jurnal-jurnal tersebut. Dari 10 jurnal tersebut ada 5 jurnal tidak dilakukan pemeriksaan permainan renang secara langsung ada yang membahas motoric kasar , permainan modifikasi dan kemampuan. Beberapa hal penting yang didapat dari beberapa jurnal diantaranya identifikasi metode pembelajaran Olahraga renang anak usia dini dengan menjabarkan metode yang efektif dari beberapa penelitian terkait secara runtut agat dapat dijadikan sebagai sebuah acuan pembelajaran olahraga Olahraga renang anak usia dini. Kedua, model pembelajaran Olahraga renang pada anak usia dini dapat meningkatkan semangat dan mencegah kebosanan pada anak usia dini. Ketiga, memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan motorik kasar dan kognitif anak usia dini serta proses pembelajaran lebih menyenangkan dan partisipatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ateng, A. 2003. Olahraga di sekolah. Dalam perkembangan Olahraga Terkini, Kajian Para Pakar. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.
Arhesa, S., Sofyan, D., & Ramadhan, M. F. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Jurnal Respecs, 2(2).
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bandara, W., Miskon, S., & Fielt, E. (2011). A systematic, tool-supported method for conducting literature reviews in information systems. In 19th European Conference on Information Systems, ECIS 2011. Helsinki, Finland.
Bompa, T. O. (1994). Theory and methodology of training: the key to athletic performance. Kendall hunt publishing company.
Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58.
Cholik dan Lutan. 1998. Strategi Pembelajaran pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Darmawan, A., & Destiasari, C. (2019). Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Dolphin Untuk Pemula. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 2, No. 1).
Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to write a literature review. Journal of criminal justice education, 24(2), 218-234.
Hera Lestari Mikarsa. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Hernawan, H., Widiastuti, W., Timur, A. I., & Pradityana, K. (2018). Pengembangan Model Pengenalan Air untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 251-260.
Irawan, R. (2017). Studi Kelayakan Fasilitas Sarpras Olahraga Indoor Di FIK UNNES. Jurnal Penjakora, 4(1), 90-102.
Mohammad, I. F. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Prosiding Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa” HEPI UNESA 2012.
Mujibuddin, Y., Subandi, O. U., & Irawan, A. (2018). Model Pembelajaran Pernapasan Renang Melalui Permainan di Air untuk Siswa Prasekolah dan Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, 1(02), 40-45.
Nan, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung. h.52
Novita. L., (2009). Pengaruh Latihan Lari Aerobic dan Renang Terhadap Peningkatan Kebugaran. Skripsi. UNES: Semarang
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Randolph, J. (2009). A guide to writing the dissertation literature review. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 14(1), 13.
Schmidt, F., Zimmermann, F., & Willeke, F. (1991). Comparison of methods to determine long-term stability in proton storage rings. Part. Accel., 35(CERN-SL-91-14-AP), 249-256.
Siedentop, D. (1994). Sport education: Quality PE through positive sport experiences. Human Kinetics Publishers.
Suryobroto, A. S. (2004). Diktat mata kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. FIK UNY
Susanto, E. (2010). Olahraga Renang Sebagai Hidrotherapy Dalam Mengatasi Masalah-masalah Kesehatan. Jurnal. Bandung: FIK UPI
Widiastuti, W & Hamamah, F. (2017). Model Pembelajaran Renang (Fh) Bagi Siswa Prasekolah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 358-368.
Published
2021-04-27
How to Cite
Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300-308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995
Section
Articles