Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4509Abstract
Kemampuan menulis perlu dikuasai sejak usia sekolah dasar. Keterlambatan menguasai keterampilan menulis akan menghambat proses belajar anak dan mengakibatkan literasi anak menjadi rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan (pra-tindakan) melalui nilai hasil karya siswa diperoleh data bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Taman masih mengalami kesulitan dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif melalui penggunaan media poster pada siswa kelas III SD Negeri 01 Taman, Kecamatan Taman. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 20 siswa. Data dikumpukan menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penyajian data serta dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan kemampuan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil pemberian tindakan sebanyak 2 siklus diperloeh peningkatan yang signifikan ketuntasan kemampuan menulis siswa yaitu pada siklus I presentase 75% yang belum tuntas, pada siklus II semua siswa atau presentase 100% sudah mencapai ketuntasan dalam menguasai kemampuan menulis teks deskritif. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan penggunaan poster dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas III di SDN 1 Taman.
Keywords:
keterampilan menulis, literasi baca tulis, media posterDownloads
References
Amin, N. F. (2021). Penerapan Teknik Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN 7 Pamekasan. Eduthink: Jurnal Pemikiran Islam, 2(01), 83-114.
Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Cummings, J. R. (2018). Comics and medical narrative: a visual semiotic dissection of graphic medicine. Journal of Graphic Novels and Comics, 1–27. Doi:10.1080/21504857.2018.1530271.
Hasnadi, H. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 610-620).
Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakteruntuk Materi Global Warming. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
Maruka, S. R. (2018). Penggunaan kalimat efektif dalam poster pada majalah dinding di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Bahasa dan sastra, 3(1).
Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 20.
Nurfadhillah, S., Utari, A. T., Cempaka, B., Kusminarti, S., & Salsabila, P. (2021). Pengembangan Media Poster Pada Mata Pelajaran Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri Pinang 1. NUSANTARA, 3(2), 267-275.
Nystrand, M., & Graff, N. (2000). Report in Argument's Clothing: An Ecological Perspective on Writing Instruction.
Putri, C. F., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 127.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Safitri, J., Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 504-509.
Santosa, G. (2021). Metode “My Trip My Adventure” untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kalimat Poster. Journal of Education Action Research, 5(3), 405-408.
Siregar, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 258-271.
Suhardjono, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Jogjakarta: PT. Pustaka Insan Madani Anggara.
Susanto, A., & Radiallahunha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2).
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Writing research: Multidisciplinary inquiries into the nature of writing series. Ablex Publishing Corporation, 355 Chestnut St., Norwood, NJ 07648.
Wibowo, D. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 425-431.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kharisma Anindya, Ibadullah Malawi, Melina Jatmikawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work