Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar

Authors

  • Sindi Selpia Pebriana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5656

Keywords:

Kreativitas, Media Pembelajaran, Loose Parts

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan penting yang perlu dikuasai siswa. di sekolah dasar. Salah satu mata pelajaran di SD yang melatih kreativitas adalah Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Namun dari hasil observasi di SDN 1 Bojong Sukabumi, pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya yang dilakukan belum membantu siswa meningkatkan kreativitasnya. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan media Loose Parts. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan media Loose Parts di SDN 1 Bojong. Dalam penelitian metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan  siswa serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Loose Parts dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa di SDN 1 Bojong. Hal ini dapat dilihat dari hasil olah data yang diperoleh pada siklus 1, sebanyak 17 siswa dari 36 jumlah seluruh siswa kelas 1 memiliki kreativitas dalam membuat karya seni rupa, sedangkan 19 siswa lainnya belum memiliki kreativitas berkarya, sehingga presentase kemampuan keterampilan bercerita mencapai 48% dengan nilai rata-rata 55. Pada siklus 2 hasil olah data yang diperoleh yaitu  31 siswa dari 36 jumlah keseluruhan siswa memiliki peningkatan kreativitas dengan presentase 86% dan nilai rata-rata nya adalah 67.14. kesimpulan dari penelitian ini adalah media Loose Parts dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. CV.Yrama Widya.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi (F. S. Suyantoro (ed.)). ANDI.

Astuti, W., Sulastri, S., Syukri, M., & Halim, A. (2023). Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 25-39.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1-10.

Flannigan, C., & Dietze, B. (2017). Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 53-60.

Hurlock, E. T., Armitage, D. M., & Llewellin, B. E. (1980). Seasonal changes in mite (Acari) and fungal populations in aerated and unaerated wheat stored for three years. Bulletin of Entomological Research, 70(4), 537-548.

Ichsan, H. B. (2015). Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 6 No. 2, 81-93.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.

Lestari, D., & Suntari, E. (2023). Edukasi Ibu PKK Dengan Perbekalan Keterampilan dan Kreativitas Berjualan Online (E-Commerce). Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17-19.

Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3 No.2, 15-25.

MaryoMaria Magdalena Zagoto, N. Y. (2019). Perbedaan Individu dan Gaya Belajarnya Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol.2 No. 2, 259-265.

Maryono. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 1, 72-89.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah BIdang Pendidikan, Vol. 11 No. 1, 9-16.

Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460.

Puspita, D. N. (2020). Penerapan Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Selama Pandemi. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 2 No.1, 50-62.

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 312. Tersedia: https://doi.org/10.21009/jpud.132.08

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Pebriana, S. S., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2023). Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1660–1667. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5656

Most read articles by the same author(s)