Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5748Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara sunda selama belajar bahasa sunda di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Semester kedua tahun akademik 2022–2023 pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Jumlah keseluruhan peserta dalam penelitian ini adalah 40 orang, 21 laki-laki dan 19 perempuan dari kelas V SDN Cisarua. Tes, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam analisis data. Soal tes evaluasi dan lembar observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan data tersebut, aktivitas siswa memiliki skor rata-rata 13,8 pada siklus I kategori cukup dan meningkat menjadi 21,6 pada siklus II kategori sangat baik. Kemampuan menulis aksara Sunda memperoleh nilai rata-rata 9,7 pada kategori cukup pada siklus I dan meningkat menjadi 13,0 pada kategori baik pada siklus II. Penggunaan pembelajaran dengan memanfaatkan media flashcards dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan menulis bahasa sunda terutama menulis aksara sunda pada siswa kelas V SDN Cisarua. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%.
Keywords:
keterampilan menulis, aksara sunda, media, flashcardDownloads
References
Agustiani, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 105-117.
Andayani, F., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Pengembangan media komik berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metamorfosis di kelas tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 308-318.
Arsyad, M. A.(2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Ervani, E. (2013). Media Flash Card Pikeun Ngaronjatkeun Kamampuh Nulis Aksara Sunda Panalungtikan Tindakan Kelas Siswa Kelas X-1 Semester 1 Sman 1 Majalaya Taun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.
Firdaus, M. I., & Mariani, C. (2020). Perancangan Huruf dan Media Pembelajaran Aksara Sunda. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 8(2), 157-173.
Hamid, A. M. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Hardiani, T. S., Lyesmaya, D., & Sutisnawati, A. (2020). Peningkatan kemampuan menulis aksara sunda melalui penerapan media daring (aplikasi pasundan) pada siswa sekolah dasar. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 112-122.
Jayusman, Y., Faiqunnisa, F., & Fauziah, A. (2018). Aplikasi Multimedia Belajar Bahasa Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 9-24.
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi literatur media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(03), 575-583.
Salma, Y. S. Y., Mangkuwibawa, H., & Rohmah, S. K. (2023). Program Literasi Budaya Sunda Di Mi Miftahul Ulum Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(2), 21-36.
Salsabila, R., & Saputra, E. R. (2021). Flashcard Aksara Sunda: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. LOKABASA, 12(2), 181-190.
Sari, P. N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Jawa melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar dengan Penguatan Pohon Prestasi pada Siswa Kelas IV (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Pondok, Kecamatan Karanganom. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Susilawati, G., & Setiawan, D. (2019). Pengembangan Media Flash Card Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. Joyful Learning Journal-Universitas Negeri Semarang, 8(3), 149-153.
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 6(1), 39-58.
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Devi Pebriyani, Astri Sutisnawati, Luthfi Hamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work