Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Devi Pebriyani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5748

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara sunda selama belajar bahasa sunda di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Semester kedua tahun akademik 2022–2023  pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Jumlah keseluruhan peserta dalam penelitian ini adalah 40 orang, 21 laki-laki dan 19 perempuan dari kelas V SDN Cisarua. Tes, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam analisis data. Soal tes evaluasi dan lembar observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan data tersebut, aktivitas siswa memiliki skor rata-rata 13,8 pada siklus I kategori cukup dan meningkat menjadi 21,6 pada siklus II kategori sangat baik. Kemampuan menulis aksara Sunda memperoleh nilai rata-rata 9,7 pada kategori cukup pada siklus I dan meningkat menjadi 13,0 pada kategori baik pada siklus II. Penggunaan pembelajaran dengan memanfaatkan media flashcards dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan menulis bahasa sunda terutama menulis aksara sunda  pada siswa kelas V SDN Cisarua. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%.

Keywords:

keterampilan menulis, aksara sunda, media, flashcard

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 105-117.

Andayani, F., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Pengembangan media komik berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi metamorfosis di kelas tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 308-318.

Arsyad, M. A.(2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Ervani, E. (2013). Media Flash Card Pikeun Ngaronjatkeun Kamampuh Nulis Aksara Sunda Panalungtikan Tindakan Kelas Siswa Kelas X-1 Semester 1 Sman 1 Majalaya Taun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.

Firdaus, M. I., & Mariani, C. (2020). Perancangan Huruf dan Media Pembelajaran Aksara Sunda. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 8(2), 157-173.

Hamid, A. M. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hardiani, T. S., Lyesmaya, D., & Sutisnawati, A. (2020). Peningkatan kemampuan menulis aksara sunda melalui penerapan media daring (aplikasi pasundan) pada siswa sekolah dasar. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 112-122.

Jayusman, Y., Faiqunnisa, F., & Fauziah, A. (2018). Aplikasi Multimedia Belajar Bahasa Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 9-24.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi literatur media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(03), 575-583.

Salma, Y. S. Y., Mangkuwibawa, H., & Rohmah, S. K. (2023). Program Literasi Budaya Sunda Di Mi Miftahul Ulum Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(2), 21-36.

Salsabila, R., & Saputra, E. R. (2021). Flashcard Aksara Sunda: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. LOKABASA, 12(2), 181-190.

Sari, P. N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Jawa melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar dengan Penguatan Pohon Prestasi pada Siswa Kelas IV (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Pondok, Kecamatan Karanganom. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Susilawati, G., & Setiawan, D. (2019). Pengembangan Media Flash Card Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. Joyful Learning Journal-Universitas Negeri Semarang, 8(3), 149-153.

Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 6(1), 39-58.

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56.

Downloads

Abstract Views : 724
Downloads Count: 503

Published

2023-08-05

How to Cite

Pebriyani, D., Sutisnawati, A., & Hamdani, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1369–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5748

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.