Implementasi Metode Talking Stick untuk Meningatkan Keterampialn Berbicara Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8694Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan memiliki keterampilan berbicara, siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya. Tetapi, masih banyak siswa yang belum memilki keterampilan tersebut. Untuk mengatasinya peneliti menggunakan metode pembelajaran talking stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode talking stick untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. instrumen pangumpulan data berupa observasi dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas 6 disalah satu SD Islam di kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian siklus 1 presentase ketuntasan 64 % atau sebanyak 11 siswa yang tuntas, sisanya 36 % lagi atau 6 siswa belum tuntas. Kenaikan terjadi di siklus ke 2. Presentase ketuntasan naik signifikan menjadi 88 % atau sebanyak 15 siswa tuntas, dan 12 % lagi atau 2 orang siswa tidak tuntas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode talking stick terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian penggunaan metode talking stick pada pembelajaran dapat mendorong siswa untuk lebih aktif, meningkatkan rasa percaya diri dan berani mengeluarkan pendapat.
Keywords:
media pembelajran, taliking stick, ketrampilan berbicaraDownloads
References
Andre Suhardiana, I. P. (2019). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.704
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929
Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059
Kumullah, R., & Yulianto, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.490
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207
Nurasiah, I., Rachmawati, N., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2022). Literatur Riview: Model Pembelajaran Brain Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3991–4003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2768
Putra Antara, I. Nym., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. Ngh. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3(4), 423. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315
Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPS SD.
Sapriya. (2018). Pendidkan IPS. Remaja Rosda Karya.
Sari, I. (2018). ISSN : 2088-3145 Jurnal Manajemen Tools. 9(1).
Sibuea, M. S. W. Br., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2(1), 30. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007
Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Model Controversial Issue. Jurnal Holistika, 4(2), 71. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.71-76
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ela Nurlaela, Iis Nurasiah, Irna Khaleda Nurmeta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work