MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KOMPETISI DAN AKTIFITAS (KOMPAK)

  • Yayah Kusiah SMP Negeri 1 Maja
Keywords: hasil belajar, bahasa indonesia, kompetisi dan aktivitas

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Teks Cerita Fabel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  pada Murid Kelas VIII D SMP Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka melalui Kompetisi dan Aktifitas (Kompak) Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran kompetensi dasar “Menyususn Teks Fabel ” pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa : 1). Untuk meningkatkan penguasaan materi dapat dilakukan melalui media gambar dengan bukti pada pra siklus 55,16 siklus I 63,5 dan pada siklus II 86,5 2). Untuk meningkatkan aktifitas siswa dapat menggunakan media gambar  Hal ini ditunjukkan dengan semakin berkurangnya jumlah siswa yang tidak tuntas belajar pada masing-masing siklus, yaitu dari pra siklus 32 %, siklus I 46 % dan siklus II 100 %

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Jurnal Visipena, 8 (2), 351-372.

Darsino. (2018). Pembelajaran Kooperatif Model Kompak Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas VI SDN Gebangsari 02. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 5(1), 57-66.

Kurniawan, H. (2015). Pemebelajaran Kreatif Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Group.

Kusumah & Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Rohmanurmeta, FM. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.

Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Melaporkan Isi Buku Melalui Pendekatan Komunikatif Metode SQ2R Pada Siswa Kelas 6 SDN Kramat Sukoharjo 03 Jember. Pancaran, 3(3), hal 123-134.

Sukmadinata, NS. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Published
2020-06-03
How to Cite
Kusiah, Y. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KOMPETISI DAN AKTIFITAS (KOMPAK). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171-176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286
Section
Articles