PENGARUH SIKAP GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.500Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap guru terhadap kompetensi guru sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah sd budi murni 2 medan. Sampel dalam penelitian sejumlah 35 orang guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengukuran data yang digunakan untuk mengetahui sikap guru dan kompetensi guru adalah angket yang telah diuji validasi dan realibilitasnya. Kedua berdistribusi normal karena 0,200 ≥ 0,05. Dari uji linearitas diketahui nilai signifikan deviation from lineariti sebesar 0,467 ≥ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara sikap guru dengan kompetensi guru. Dilakuakan uji t pada taraf nyata ( ∝ = 0,05) bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 5,073 dengan ini membuktikan bahwa Ha diterima sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada yang signifikan dari sikap guru terhadap kompetensi guru sekolah dasar budi murni 2 medan.
Keywords:
sikap guru, kompetensi guruDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work