PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS V SDN 155708 P.O MANDUAMAS 2

Authors

  • Awen Simanullang Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa di kelas V. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 155708 P.O Manduamas 2 Kecamatan Manduamas. Sampel dalam penelitian  yang terdiri dari 2 kelas yaitu: kelas VA dan VB. Kelas VA dengan jumlah 32 siswa dan kelas VB dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa adalah angket yang telah diuji Validasi dan Realibilitasnya. Kedua kelas berdistribusi normal karena 0,200  ≥ 0,05. Dari uji Linearitas diketahui nilai signifikan deviation from linearity sebesar 0,656 ≥ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar siswa. Dilakukan Uji t pada taraf nyata (α = 0,05) bahwa t_hitung ≥ t_(tabel ) yaitu 5,768 ≥ 1,670 dengan ini membuktikan bahwa HI diterima, sehingga Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 155708 P.O Manduamas 2 Kecamatan Manduamas.

Keywords:

Pola Asuh Orangtua, motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1008
Downloads Count: 697

Published

2020-11-25

How to Cite

Simanullang, A., Sipayung, R. ., & Silaban, P. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS V SDN 155708 P.O MANDUAMAS 2 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219–213. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.391

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.