PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK SD

  • Nelly Rut Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Permainan Tradisional, Keterampilan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak dikelas IV SD 091526 Marjanji Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SD 091526 Marjanji yang berjumlah 46 siswa. Pengambilan Sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel adalah kelas IV-A yang berjumlah 24 siswa. Untuk mengetahui hipotesis dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan pada 24 sampel, diperoleh taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional dengan keterampilan sosial anak. Hasil koefisien determinasi R square sebesar 0,794, hal ini menunjukkan bahwa 79,4% permainan tradisional dipengaruhi oleh keterampilan sosial anak, sedangkan sisanya merupakan pengaruh variabel lain. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung > ttabel yaitu 9,207 > 2,073 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak di kelas IV SD 091526 Marjanji tahun pembelajaran 2019/2020.

Published
2020-11-30
How to Cite
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449-455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568
Section
Articles