UPAYA MENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK

Authors

  • Kosman Kosman SDN Indrakila, Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.34

Keywords:

Kinerja guru, Supervisi edikatif kolaboratif

Abstract

Kinerja guru adalah perilaku nyata yang ditampilkan oleh guru sebagai prestasi kerja berdasarkan standar yang ditetapkan dan sesuai dengan perannya di sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kinerja guru. Karena itulah supervisi untuk memastikan kinerja guru sesuai dengan standar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi edukatif kolaboratif. Supervisi edukatif merupakan supervisi yang diarahkan pada  kurikulum pembelajaran,  proses belajar  mengajar,  pelaksanaan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Indrakila Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan hasil penelitian  ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam  melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi  belajar siswa. Berdasarkan peningkatan kinerja guru baik rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian siswa ternyata mempengaruhi hasil ujian siswa tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-03

How to Cite

Kosman, K. (2019). UPAYA MENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.34

Issue

Section

Articles