PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MEDAN KOTA

Authors

  • Novita Sihotang Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Saut Mahulae Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar kecamatan medan kota. Sampel dalam penelitian yang terdiri dari 7 sekolah yang berjumlah 65 orang guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kompetensi profesional dan kinerja guru adalah angket yang telah di uji validasi dan realibilitasnya. Kedua berdistribusi normal kerena 0,200 ≥ 0,05. Dari uji linearitas diketahui nilai signifikan deviation from lineariti sebesar 0, 455 ≥ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru. Dilakukan uji t pada taraf nyata (∝ =0,05) bahwa  ≥  yaitu 7,166 ≥ 1,998 dengan ini membuktikan bahwa  diterima, sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan medan kota.

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, kinerja guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1065
Downloads Count: 891

Published

2020-11-25

How to Cite

Sihotang, N., Silaban, P. ., & Mahulae, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MEDAN KOTA . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 225–231. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.432

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.