ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Endin SDN Panyindangan Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.202

Abstract

Kedisiplinan merupakan ciri guru muslim, karena ajaran Islam mengajarkan agar pemeluknya menghargai waktu dan menghormati peraturan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan gambaran dan menganalisis sejauhmana hubungan motivasi dan kepuasan kerja dengan kedisiplinan guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang berada di SD Negeri Kecamatan Banjaran  Kabupaten Majalengka. Kesimpulan penelitian ini adalah dari hasil penelitian, uji korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara motivasi kerja guru PAI terhadap kedisiplinan guru PAI hubungan dalam kategori kuat. Berdasarkan uji korelasi sederhana pula didapat korelasi antara kepuasan kerja guru PAI terhadap kedisiplinan guru PAI dengan kategori kuat. Adapun berdasarkan uji regresi ganda didapat korelasi antara motivasi kerja guru PAI dan kepuasan kerja guru PAI secara bersama-sama terhadap kedisiplinan guru PAI dengan kategori kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, Malayu SP. (2001). Manajemen Sumber Daya Dasar dan Kunci Keberhasilan (Edisi Revisi). Cetakan Ketiga, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Ilahi, DK., Mukzam, MD., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasional. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 44 (1), 31-39.

Irwanto, T, & Melinda, TF. (2015). Pengaruh Disiplin dan Motivasi dan Kinerja Pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Ekombis Review, 3 (2), 215-228.

Kreitner, Robert., dan Kinicki, Angelo. (2005). Perilaku Organisasi, Penerjemah Suandy Erly. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Malthis, R.L dan Jackson. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Nahdi, D.S. & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 57-63.

Nawawi, H. (2000). Manajemen strategic dengan ilustrasi organisasi profit dan non profit. Jakarta : Rajawali Perss.

Rivai, Veithzal., dan Sagala, Ella Jauvani (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, P, Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi X. PT. Indeks. Jakarta.

Robbins, Stephen P., dan Judge, Timoty A. (2008). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior), Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid, Buku 2, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Rukhyati. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Puskesmas Talise. Jurnal Sinar Manajemen. 5, (2). 98-103.

Sedarmayanti. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. PT. Refika Aditama; Bandung.

Downloads

Abstract Views : 343
Downloads Count: 252

Published

2020-06-01

How to Cite

Endin. (2020). ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.202

Issue

Section

Articles