PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD HKBP

  • Hannah Situmorang Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Reward, Punishment, Hasil Belajar

Abstract

Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga yang berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan rumus uji normalitas.Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada SPSS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,660 artinya rhitung (0,660) ≥ rtabel (0,349) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh antara reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa di elas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 4,812 ≥ 1,697 sehingga menyatakan bahwa hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sedangkan keeratan hubungannya termasuk kuat karena berada pada rentang 0,600-0,800.

Published
2020-11-25
How to Cite
Situmorang, H., Remigius, A., Lumban Gaol, R., & Silaban, P. (2020). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD HKBP . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 278-281. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.442
Section
Articles