PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD HKBP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.442Abstract
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga yang berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan rumus uji normalitas.Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada SPSS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,660 artinya rhitung (0,660) ≥ rtabel (0,349) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh antara reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa di elas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 4,812 ≥ 1,697 sehingga menyatakan bahwa hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Swasta HKBP No.1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sedangkan keeratan hubungannya termasuk kuat karena berada pada rentang 0,600-0,800.
Keywords:
Reward, Punishment, Hasil BelajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work