PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Hades Purba Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Keterampilan mengajar Guru, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 030316 Sukandebi kecamatan tigalingga. Sampel dalam penelitian yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA dengan jumlah 50 siswa dan kelas VB dengan jumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dan Motivasi belajar siswa adalah angket yang telah di uji validasi dan realibilitasnya. Kedua berdistribusi normal kerena 0,200 ≥ 0,05. Dari uji linearitas diketahui nilai signifikan deviation from lineariti sebesar 0, 806 ≥ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Dilakukan uji t pada taraf nyata (∝ =0,05) bahwa  ≥  yaitu 5,864 ≥ 2,010 dengan ini membuktikan bahwa  diterima, sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN 030316 Sukandebi.

Published
2020-11-25
How to Cite
Purba, H., Sitepu, A., & Silaban, P. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 242-247. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.437
Section
Articles