Kompetensi Guru dalam Mengajar: Sebuah Studi Kasus Pembelajaran Aksara Sunda di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7944Abstract
Aksara sunda sering sekali dianggap pelajaran yang sulit dimengerti. Hal ini menyebabkan pembelajaran aksara sunda jarang diimplementasikan di sekolah dasar dan kompetensi guru masih kurang pada pembelajaran aksara sunda. Oleh karena itu, melalui muatan lokal bahasa dan sastra sunda secara khusus aksara sunda dapat dipertahankan di SDN Sukamelang, selain itu juga diperlukan guru yang berkompeten untuk terciptanya pembelajaran aksara sunda yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kompetensi guru dalam pembelajaran aksara sunda di sekolah dasar. Kajian ini secara khusus berfokus pada mengidentifikasi kompetensi guru dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aksara sunda di Sekolah Dasar Negeri Sukamelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif melalui studi kasus. Data dikumpulkan dari Guru Aksara sunda SDN Sukamelang. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, obervasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru SDN Sukamelang memiliki kompetensi yang baik dalam persiapan pembelajaran aksara sunda, 2) Guru SDN Sukamelang sudah memiliki kompetensi yang baik dalam pelaksanakan pembelajaran aksara sunda 3) Guru SDN Sukamelang memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanaan evaluasi pembelajaran aksara sunda, sehingga pembelajaran aksara sunda di SDN Sukamelang dapat berjalan dengan baik.
Keywords:
aksara sunda, kompetensi guru, sekolah dasarDownloads
References
Akbar, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 984–988.
Baharudin, B. (2015). Baharudin, B. (2015). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Analisis terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MI se Kota Bandar Lampung). Jurnal Terampil, 3(3), 1–16.
Farid, M., Rahman, R., & Kuswari, U. (2019). Teknik Permainan Kartu Memo dalam Pembelajaran Aksara Sunda. Lokabasa, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.17509/jlb.v10i2.21358
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). BUKU AJAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (N. Rismawati (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/528087-buku-ajar-belajar-dan-pembelajaran-62f6322b.pdf
Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 56–59. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/7
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Universitas Jambi, 3(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452/7273
Magdalena, I., Septiani, R., Ilmah, S. N., & Faridah, D. N. (2020). Analisis Kompetensi Guru Dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Peninggilan 05. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/814
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2012). Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Pebriyani, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1369–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5748
Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Putri, B. M. A., Mudzanatun, & Putr, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/25183
Rohmah, T. R. S. (2019). Membangun Kearifan Lokal Melalui Gerakan Literasi Mibanda (Micinta Baca Tulis Aksara Sunda) Di Sdn Sukahayu Kabupaten Subang. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3890
Saepuloh, D. (2018). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013. Jipis, 27(1), 33–50.
Siti Hardiani, T., Lyesmaya, D., Sutisnawati, A., & Keguruan Dan, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Aksara Sunda Melalui Penerapan Media Daring (Aplikasi Pasundan) Pada Siswa Sekolah Dasar. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 152–161. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/3671/2684
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Nurfadhillah, J. Julia, Cucun Sunaengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work