Kompetensi Guru dalam Mengajar: Sebuah Studi Kasus Pembelajaran Aksara Sunda di Sekolah Dasar

Authors

  • Nanda Nurfadhillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • J. Julia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7944

Abstract

Aksara sunda sering sekali dianggap pelajaran yang sulit dimengerti. Hal ini menyebabkan pembelajaran aksara sunda jarang diimplementasikan di sekolah dasar dan kompetensi guru masih kurang pada pembelajaran aksara sunda. Oleh karena itu, melalui muatan lokal bahasa dan sastra sunda secara khusus aksara sunda dapat dipertahankan di SDN Sukamelang, selain itu juga diperlukan guru yang berkompeten untuk terciptanya pembelajaran aksara sunda yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kompetensi guru dalam pembelajaran aksara sunda di sekolah dasar. Kajian ini secara khusus berfokus pada mengidentifikasi kompetensi guru dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aksara sunda di Sekolah Dasar Negeri Sukamelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif melalui studi kasus. Data dikumpulkan dari Guru Aksara sunda SDN Sukamelang. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, obervasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru SDN Sukamelang  memiliki kompetensi yang baik dalam persiapan pembelajaran aksara sunda, 2) Guru SDN Sukamelang sudah memiliki kompetensi yang baik dalam pelaksanakan pembelajaran aksara sunda 3) Guru SDN Sukamelang memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanaan evaluasi pembelajaran aksara sunda, sehingga pembelajaran aksara sunda di SDN Sukamelang dapat berjalan dengan baik.

Keywords:

aksara sunda, kompetensi guru, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 984–988.

Baharudin, B. (2015). Baharudin, B. (2015). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Analisis terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MI se Kota Bandar Lampung). Jurnal Terampil, 3(3), 1–16.

Farid, M., Rahman, R., & Kuswari, U. (2019). Teknik Permainan Kartu Memo dalam Pembelajaran Aksara Sunda. Lokabasa, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.17509/jlb.v10i2.21358

Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). BUKU AJAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (N. Rismawati (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/528087-buku-ajar-belajar-dan-pembelajaran-62f6322b.pdf

Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 56–59. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/7

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Universitas Jambi, 3(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452/7273

Magdalena, I., Septiani, R., Ilmah, S. N., & Faridah, D. N. (2020). Analisis Kompetensi Guru Dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Peninggilan 05. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/814

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Pebriyani, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Sunda Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1369–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5748

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Putri, B. M. A., Mudzanatun, & Putr, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/25183

Rohmah, T. R. S. (2019). Membangun Kearifan Lokal Melalui Gerakan Literasi Mibanda (Micinta Baca Tulis Aksara Sunda) Di Sdn Sukahayu Kabupaten Subang. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3890

Saepuloh, D. (2018). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013. Jipis, 27(1), 33–50.

Siti Hardiani, T., Lyesmaya, D., Sutisnawati, A., & Keguruan Dan, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Aksara Sunda Melalui Penerapan Media Daring (Aplikasi Pasundan) Pada Siswa Sekolah Dasar. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 152–161. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/3671/2684

Downloads

Abstract Views : 515
Downloads Count: 414

Published

2024-03-09

How to Cite

Nurfadhillah, N., Julia, J., & Sunaengsih, C. (2024). Kompetensi Guru dalam Mengajar: Sebuah Studi Kasus Pembelajaran Aksara Sunda di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 266–273. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7944

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.