PENGARUH PERAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SD AGIA SOPHIA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran orangtua siswa di SD Swasta Agia Sophia Sembahe Baru serta pengaruhnya dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa, sedangkan metode korelasional digunakan untuk mengetahui pengaruh peran orangtua dengan hasil belajarnya. Instrument yang digunakan untuk mengukur peran orangtua adalah angket yang terdiri dari 30 butir. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan nilai hasil raport semester genap tahun ajaran 2020. Setelah dilakukan pengukuran terhadap disiplin belajar, di dapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 113,4. Hal ini berarti peran orangtua di SD Swasta Agia Sophia Sembahe Baru berada pada tingkat tinggi. Untuk mengetahui tingkat pengaruh antara peran orangtua dengan hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari pearson. Dari hasil perhitungan di peroleh rhitung 0,74, yang berarti nilai korelasi kuat/berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Di peroleh nilai thitung=7,564 sedangkan ttabel = 1,678. Karena thitung ≥ ttabel (7,564 ≥ 1,678) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran orangtua dengan hasil belajarnya.
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Peran OrangtuaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work