PENGARUH PERAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SD AGIA SOPHIA

  • Sara Theresia Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Sipayung
  • Ester Simarmata
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Peran Orangtua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran orangtua  siswa di SD Swasta Agia Sophia Sembahe Baru serta pengaruhnya dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal  Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa, sedangkan metode korelasional digunakan untuk mengetahui pengaruh peran orangtua dengan hasil belajarnya. Instrument yang digunakan untuk mengukur peran orangtua adalah angket yang terdiri dari 30 butir. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan nilai hasil raport semester genap tahun ajaran 2020. Setelah dilakukan pengukuran terhadap disiplin belajar, di dapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 113,4. Hal ini berarti peran orangtua di SD Swasta Agia Sophia Sembahe Baru berada pada tingkat tinggi. Untuk mengetahui tingkat pengaruh antara peran orangtua dengan  hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari pearson. Dari hasil perhitungan di peroleh rhitung 0,74, yang berarti nilai korelasi  kuat/berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung  dengan ttabel. Di peroleh nilai thitung=7,564 sedangkan ttabel = 1,678. Karena thitung  ≥  ttabel (7,564 ≥ 1,678) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran orangtua dengan hasil belajarnya.

Published
2020-11-29
How to Cite
Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. (2020). PENGARUH PERAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SD AGIA SOPHIA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 407-412. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556
Section
Articles