Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Akademik Kepala Taman Kanak-kanak Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Mutoharoh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Achmad Hufad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isti Rusdiyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4437

Keywords:

Kompetensi Manajerial, Supervisi, Kepala TK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi manajerial kepala TK terhadap kinerja guru TK di Taman kanak-kanak Serang-Banten, (2) pengaruh supervisi akademik kepala TK terhadap kinerja Guru TK di Taman kanak-kanak Serang-Banten, (3) pengaruh kompetensi manajerial dan supervisi akademik kepala TK secara bersama-sama terhadap kinerja guru TK di Taman kanak-kanak Kabupaten Serang-Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan jumlah sampel 214 orang. Analisis data dilakukan untuk mendeskripsikan data dan pengajuan hipotesis dengan menggunakan statistik regresi linier berganda. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan supervisi akademik terhadap kinerja pendidik di Taman kanak-kanak Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh antara kompetensi manajerial kepala TK terhadap kinerja guru TK. Hasil yang sama juga diketahui bahwa terdapat pengaruh supervisi kepala TK terhadap kinerja guru. Secara simultan, kompetensi manajerial dan supervisi akademik kepala TK  juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru TK di Taman kanak-kanak Kabupaten Serang-Banten. Dengan hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi manajerial dan supervisi akademik kepala taman kanak-kanak dalam meningkatkan kinerja guru Taman kanak-kanak Kabupaten Serang-Banten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11-19.

Ali Imron. (2012). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160-164.

Budi Suhardiman. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Rineka Cipta.

Dale S. Beach. (1975). Personal The Management of People. Work Mac. Millan.

Euis Karwati dan Doni Juni Priansa. (2015). Manajemen Kelas. Guru Profesional yang inspiratif, kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Alfabeta.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(1), 64-77.

Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168-174.

Ismail, M. I. (2013). Guru Sebuah Identitas. Alauddin University Press.

Ismuha. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyia, 4(1).

Junaedi, J., Nuraeni, N., & Halimah, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ra PC Weru Kabupaten Cirebon. Eduprof: Islamic Education Journal, 1(2), 234-257.

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).

Lelah, Satori, D., & Agustina, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 2(1), 47–61. https://doi.org/10.31949/dialogika.v2i1.2176

Ma'sum, T., Ristianah, N., & In'am, A. (2022). Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 100-114.

Marlina, S. (2011). Keistimewaan dalam Komunikasi Antarpersonal. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 113-126.

Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 28-37.

Meidiana, M., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 112-119.

Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 5(1), 49-58.

Muslim, S. B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesional Guru. Alfabeta.

Nurhayati, S. (2013). Hubungan kinerja supervisor dengan tingkat kompetensi guru sekolah dasar di kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Priansa, Donni Juni dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 136-144.

Ramadona, M., Wibowo, R. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 3(1).

Rastina. (2017). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Di Gugus 1 Kec. Palu Barat Kota Palu. Konsentrasi Pendidikan Dan Kepengawasan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 1–240.

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1).

Setiyani. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2).

Siregar, R. B. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1), 109-118.

Sormin, D. (2017). Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 2(1).

Sugiyanti & Sabar Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2004). Dasar-dasar Supervisi,-Buku Pengangan Kuliah. Rineka Cipta.

Tohar, M. (2022). Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan di SMA Negeri 1 Jonggat. Jurnal Paedagogy, 9(1), 179-185.

Wahyuni, E., Ahyani, N., & Mahasir, M. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14018-14017.

Zisperdi, Z. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pola Pelatihan Implementasi Dan Evaluasi (PIE) Pada SD Negeri 028288 Binjai Tahun Pelajaran 2014/2015. Keguruan, 5(1).

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Mutoharoh, M., Hufad, A., & Rusdiyani, I. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Akademik Kepala Taman Kanak-kanak Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 155–161. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4437