PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV

  • Efri Zai Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • patri silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SDN 075061 Balodano. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada postes siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak  14 orang (56%) sedangkan 12 orang (45%) mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 69,46. Pada postes siklus II ketuntasan hasil belejar siswa meningkat menjadi 24 orang (92%) dan yang tidak tuntas 2 orang (8%), dengan rata-rata hasil belajar 90,11. Selanjutnya dari observasi kengiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 76,36% dan pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 94,54%. Selanjutnya dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 69,09 dan pada siklus II hasil observasi siswa meningkat menjadi 94,54. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II kaerena telah mencapai kriteria keberhasilan. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan penerapan model problem based learning terjadi peningkatan terhadap hasil belajar tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN 075061 Balodano.

Published
2020-11-28
How to Cite
Zai, E., Anzelina, D., Sinaga, R., & silaban, patri. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 344-349. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.497
Section
Articles