Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru di SMP Bhakti Pertiwi

Authors

  • Abu Hasan Agus R Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Siti Nadifah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6361

Abstract

Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin di suatu institusi pendidikan yang sangat besar berpengaruh pengaruhnya. Pengaruh tersebut merupakan kunci suksesnya suatu lembaga ada pada kedudukan seorang pemimpin sekolah. Dan dampak besarnya dapat dilihat dari kualitas sekolah maupun guru. Guru yang berkompeten dapat dilihat dari cara bagaimana kepala sekolah memimpin. Implementasi dari tindakan kepala sekolah yang baik upaya mengembangkan profesionalitas guru dan sekolah yang unggul. Menariknya kepala madrasah SMP Bhakti Pertiwi mempunyai cara tersendiri mengembangkan profesional guru, yaitu diukur dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sekolah secara mandiri. Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan data yang bersumber dari artikel jurnal. Subjek penelitian ini kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Bhakti Pertiwi sudah menerapkan perannya yang berupa kegiatan-kegiatan yang diaplikasikan oleh kepala sekolah training (pelatihan), morning meeting, monitoring, supervisi, dan evaluasi kepada guru. Kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Bhakti Pertiwi tersebut sangat memotivasi guru, menambah pengalaman guru, memberikan teladan kepada guru, meningkatkan wawasan guru. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah Bhakti Pertiwi sudah mengimplementasikan banyak kegiatan dan keteladanan kepada guru agar mengembangkan profesionalitasnya.

Keywords:

Kepemimpinan kepala sekolah, profesionalitas guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26-40.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252-260.

Comalasari, E., & Harapan, E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Manajemen Kelas Terhadap Mutu Pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74-84.

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal basicedu, 6(3), 4663-4671.

Hatta, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). Pengaruh Kemampuan dan Sikap terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja di Madrasah Aliyah Kabupaten Maros. Jurnal Mirai Management, 4(1), 1-16.

Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.

Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44-50.

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201.

Kartini, K., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 290-294.

Kurnia, T., & Prawira, Y. A. (2020). Pemenuhan aspek afektif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh melalui komitmen belajar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidkan Dasar Indonesia, 5(2), 40-41.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Nusantara, 3(1), 48-62.

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140.

Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35-44.

Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya kepala sekolah untuk peningkatan kompetensi profesional guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95-103.

Nabila, F. S., Husna, I., & Makrifatullah, N. H. (2020). Hubungan Kepemimpinan dengan Lembaga Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58-67.

Qiftiyah, M., Rahmi, R., & Anti, S. L. (2020). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(1), 1-9.

Rivayanti, R., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10-17.

Rohmat, R. (2006). Kepemimpinan Pendidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 19-33.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru menginovasi bahan ajar sebagai langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1).

Wahyuni, I. W., Putra, A. A., Utami, D. T., Oktadila, R., Fitriah, R., & Nurfitriah, N. (2022). Peningkatan soft skill guru pendidikan anak usia dini. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 364-69.

Yona, S. (2006). Penyusunan studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76-80.

Sari, F. B., & Risda Amini, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas 5 SDN Cebongan 01 Salatiga Semester II Tahun 2018/2019. Jurnal basicedu, 3(2), 524-32.

Downloads

Abstract Views : 392
Downloads Count: 135

Published

2023-12-31

How to Cite

Agus R, A. H., Nadifah, S., & Yaqin, M. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru di SMP Bhakti Pertiwi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2204–2212. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6361

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.