Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Rani Dewi Yulyani Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3923

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian studi deskriptif dengan penelitian survei. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, pengambilan sampel menggunakan rumus perhitungan Isaac dan Michael dimana diperoleh 60 sampel penelitian. Hasil peneltian menunjukan tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial  dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH Banten pada semester genap TA 2021/2022.

Keywords:

Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2012). Guru Profesional : Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta.

Arikunto, S. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Arisman, A., Getteng, A. R., & Nuryamin, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 418–443. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544

Artini, N. W. S. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match. Jurnal Bakti Saraswat, 09(01).

Budi, B., Eri, D., & Gunawan, I. (2019). Implementation of School Management Based on a Balanced Scorecard and Its Relationship with Headmaster Attributes in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 164–179.

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344

Famahato Lase. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66.

Febrialismanto. (2015). Analisis Kompetensi Profesional Guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kampar Provinsi RIAU. Educhild, 4(3), 1–7.

Ghola, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 148–151.

Gloriani, Y., & Tresnawati, T. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Indonesia Siswa KelaS VIII Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2013/2014. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Hidayat, S. (2002). Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Alqalam, 19(93), 109. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.457

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Hussain, A., Dogar, A. H., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Evaluation of Curriculum Development Process. International Journal of Humanities and Social Science, 1(14), 263–271.

Idrus, M. (2005). Kompetensi Sosial Sebagai Modal Sosial Guru. El-Tarbawi, 13(8), 37–56.

Mandasari, J., Waluyo, E., & Harista, E. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1275

Mardia, R. (2014). Professional Competence, Pedagogical Competence and the Perfomrmance Of Junior High School Of Science Teacher. Journal of Education and Practice, 5(Journal of performanceof journal high schoolof sciene teacher), 75–80.

Mumpuniarti, M., Handoyo, R. R., Pinrupitanza, D. T., & Barotuttaqiyah, D. (2020). Teacher’s pedagogy competence and challenges in implementing inclusive learning in slow learner. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 217–229. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28807

Pambudi, S. (2018). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(2), 61–64. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i2.23460

PDDIKTI. (2022). Profil Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

PP No 19 Tahun 2005, (2005).

Putri, S. D., & Neviyarni. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 225–230. https://doi.org/10.24036/02013211016-0-00

Rahim, Ilyas, G. B., & Azis, M. (2019). Pengaruh kompetensi profesional, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Insan Cemerlang Kabupaten Berau. YUME : Journal of Management, 2(1), 1–18.

Rahmawati, A., & Nartani, C. I. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam B Erkomunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 388–392.

Rasyid, U. M., & Hairiyah. (2018). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2), 138. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).138-146

Rohmah, K. K., & Marimin. (2016). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 813–824.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Sarimada, F. (2008). Sertifikasi guru. Yrama widya.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Dengan Melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 383. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7474

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumantri, B. A., Idi, A., & Nurlaila, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 294–309. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3434

Suprihatiningrum, J. (2014). uru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru (2nd Editio). Ar Ruzz Media.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Utami, Ii. T. (2020). Analisis pengaruh kompetensi profesional dosen dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akademi sekretari budi luhur pada masa pandemi covid-19. Jurnal Maneksi, 9(2), 378–383.

UU No 14 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Wulandari, D. (2012). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Economic Literacy melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 25–29.

Downloads

Abstract Views : 510
Downloads Count: 364

Published

2022-12-29

How to Cite

Yulyani, R. D. (2022). Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1522–1532. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3923

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.