Persepsi Mahasiswa atas Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3923Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian studi deskriptif dengan penelitian survei. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, pengambilan sampel menggunakan rumus perhitungan Isaac dan Michael dimana diperoleh 60 sampel penelitian. Hasil peneltian menunjukan tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH Banten pada semester genap TA 2021/2022.
Keywords:
Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, prestasi belajarDownloads
References
Alma, B. (2012). Guru Profesional : Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta.
Arikunto, S. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Arisman, A., Getteng, A. R., & Nuryamin, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 418–443. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544
Artini, N. W. S. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match. Jurnal Bakti Saraswat, 09(01).
Budi, B., Eri, D., & Gunawan, I. (2019). Implementation of School Management Based on a Balanced Scorecard and Its Relationship with Headmaster Attributes in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 164–179.
Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344
Famahato Lase. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66.
Febrialismanto. (2015). Analisis Kompetensi Profesional Guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kampar Provinsi RIAU. Educhild, 4(3), 1–7.
Ghola, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 148–151.
Gloriani, Y., & Tresnawati, T. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Indonesia Siswa KelaS VIII Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2013/2014. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762
Hidayat, S. (2002). Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Alqalam, 19(93), 109. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.457
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170
Hussain, A., Dogar, A. H., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Evaluation of Curriculum Development Process. International Journal of Humanities and Social Science, 1(14), 263–271.
Idrus, M. (2005). Kompetensi Sosial Sebagai Modal Sosial Guru. El-Tarbawi, 13(8), 37–56.
Mandasari, J., Waluyo, E., & Harista, E. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1275
Mardia, R. (2014). Professional Competence, Pedagogical Competence and the Perfomrmance Of Junior High School Of Science Teacher. Journal of Education and Practice, 5(Journal of performanceof journal high schoolof sciene teacher), 75–80.
Mumpuniarti, M., Handoyo, R. R., Pinrupitanza, D. T., & Barotuttaqiyah, D. (2020). Teacher’s pedagogy competence and challenges in implementing inclusive learning in slow learner. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 217–229. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28807
Pambudi, S. (2018). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(2), 61–64. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i2.23460
PDDIKTI. (2022). Profil Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
PP No 19 Tahun 2005, (2005).
Putri, S. D., & Neviyarni. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 225–230. https://doi.org/10.24036/02013211016-0-00
Rahim, Ilyas, G. B., & Azis, M. (2019). Pengaruh kompetensi profesional, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Insan Cemerlang Kabupaten Berau. YUME : Journal of Management, 2(1), 1–18.
Rahmawati, A., & Nartani, C. I. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam B Erkomunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 388–392.
Rasyid, U. M., & Hairiyah. (2018). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(2), 138. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).138-146
Rohmah, K. K., & Marimin. (2016). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 813–824.
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Sarimada, F. (2008). Sertifikasi guru. Yrama widya.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Dengan Melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 383. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7474
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumantri, B. A., Idi, A., & Nurlaila, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 294–309. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3434
Suprihatiningrum, J. (2014). uru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru (2nd Editio). Ar Ruzz Media.
Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Utami, Ii. T. (2020). Analisis pengaruh kompetensi profesional dosen dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akademi sekretari budi luhur pada masa pandemi covid-19. Jurnal Maneksi, 9(2), 378–383.
UU No 14 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.
Wulandari, D. (2012). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Economic Literacy melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 25–29.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rani Dewi Yulyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work