Pengaruh Kebijakan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Tingkat Pendidikan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan kepala sekolah dan kenyamanan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di jenjang pendidikan menengah, khususnya pada SMP dan SMA Yayasan Lenterahati Islamic Boarding School (LHIBS). Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik sampling jenuh yang melibatkan 46 guru dari SMP dan SMA LHIBS sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kebijakan yang dirancang dengan perencanaan matang, implementasi yang terarah, serta inovasi yang relevan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengelolaan sumber daya manusia. Selain itu, lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung turut berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Lingkungan yang kondusif, hubungan interpersonal yang baik, serta adanya penghargaan dan pengembangan diri mendorong motivasi kerja guru, yang pada akhirnya berdampak pada hasil pembelajaran yang optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara kebijakan kepala sekolah yang efektif dan lingkungan kerja yang nyaman menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kinerja guru. Implikasi penelitian ini memberikan panduan bagi pengelola sekolah dalam merumuskan kebijakan strategis untuk mendukung pengembangan pendidikan berkualitas di tingkat menengah.
Keywords:
Kebijakan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru, Pendidikan MenengahDownloads
References
Al Ayubi, T., Rusdinal, & Hadiyanto. (2023). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8736
Arum, S. (2019). Pendidikan Dasar dan Perkembangannya. Spektrum Nusa Press.
Asri, K. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Kenyamanan Bekerja Di Sekolah: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. Edum Journal, 4(1), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.77
Barnawi, & Ariffin, M. (2014). Kinerja guru Profesional. AR-RUZZ MEDIA.
Fikri, A. (2018). Pengaruh Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Smp Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9202
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling. Metode Alternatif dengan Pertial Least Square (PLS) (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. 2(1), 43. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672
Jidan, J. (2022). Kebijakan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Perspektif Pembinaan Sman 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Jidan SMA Negeri 2 Nanga Pinoh, Kalimantan Barat. BIKONS: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 2(2).
Merry, M., Harapan, E., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Penghargaan. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 27–40.
Nugraheni, A. R., Utami, H. N., & Prasetya, A. (2022). Beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dengan motivasi sebagai variabel intervening. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1304. https://doi.org/10.29210/020221994
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. 2(1). https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7529
Pane, D. S. P., & Sitorus, G. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Dosen Politeknik Di Kota Bekasi Diapari Sosagaon Putra Pane Guston Sitorus. 5(2), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.54964/satyamandiri.v5i2.335
Parashakti, R. D., & Putriawati. (2020). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Lingkungan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v1i3.113
Putra, M. S. W., & Wiranti, D. A. (2024). Analisis Peran Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v14i2.3961
Stull, J. O. (1998). PPE Made Easy: A Comprehensive Checklist Approach to Selecting and Using Personal Protective Equipment. Government Institutes.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV., Alfabeta.
Suhendar, W. Q. (2021). Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. HUMANIKA, 21(1), 69–82. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.39013
Sunarni, S., & Sultoni, S. (2023). Unveiling the Influence of Servant Leadership on Teacher Job Satisfaction : A Study on the Mediating Effects of Work Motivation, Organizational Culture, and Organizational Climate. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.7817
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jundu Muhammad Mufakkirul Islami, Muazar Habibi, Raden Bambang Sumarsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work