Analisis Pengaruh Shortvideo Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8697Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan short video dari media sosial terhadap perkembangan kepribadian siswa kelas IV di SDN Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan short video memiliki dampak positif dan negatif terhadap kepribadian siswa. Dampak positif meliputi peningkatan kreativitas dalam berbahasa, penambahan wawasan, dan pemahaman tentang internet. Namun, dampak negatif yang ditemukan adalah siswa menjadi lupa waktu, malas, serta menggunakan kata-kata yang tidak pantas dalam interaksi sosial yang dapat menyebabkan bullying verbal. Guru memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada siswa mengenai penggunaan media sosial dan pentingnya pemahaman terhadap konten yang dilihat. Selain itu, peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam membatasi penggunaan media sosial oleh anak-anak. Kesimpulannya, meskipun media sosial short video dapat memberikan manfaat edukatif, penggunaannya perlu diawasi agar dampak negatifnya dapat diminimalisir.
Keywords:
Shortvideo, Student PersonalityDownloads
References
Ahadiah, A. A., Hilyana, S. F., & Rondli, W. S. (2023). Analisis penggunaan smartphone terhadap perkembangan karakter emosional siswa kelas III sekolah dasar di desa Pancur Mayong Jepara. Jurnal Basicedu, 9(3), 1583-1593.
Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial anak. Jurnal Basicedu, 6(2), 2547-2555.
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 431, 431-440.
Alivah, W. S. (2022). Pengaruh penggunaan media YouTube terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi di sekolah dasar Kecamatan Cibeunying Kaler. Skripsi, 2022.
Asmiati, L., Pratiwi, I. A., & Fardhani, M. A. (2023). Dampak penggunaan game online terhadap kemampuan berkomunikasi anak.
Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: Guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.
Budiman, D. (2007). Bahan ajar M.K psikologi anak dalam penjas PGSD 1. Bandung: UPI.
Fitriyani, N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2023). Analisis perilaku siswa kelas 5 SDN Getassrabi terhadap game online.
Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: Erlangga.
Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mercer, J., & Clayton, D. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.
Monita Rini, N., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3).
Nikmah, K., & Rondli, W. S. (2023). Analisis penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar.
Purwanto, N. (1996). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, A., Ermawati, D., & Rondli, W. S. (2023). Dampak permainan game online terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar.
Sari, D. M. (2021). Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai ajang eksistensi diri (Fenomenologi penggunaan Tik Tok pada mahasiswa UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi). UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi.
Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar sosiologi: Pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: Teori, aplikasi dan pemecahannya. Kencana.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, R. (2019). Perilaku sosial remaja di Kelurahan Lubuk Durian Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Skripsi, 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Naufal Prastyana, Wawan Shokib Rondli, Ika Ari Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work