Media Animasi Motion Graphics Pada Materi Usaha Ekonomi Masyarakat Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5034Abstract
peningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media animasi motion graphics pada siswa kelas V SDN Semawung Kembaran Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Semawung Kembaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu, keterlaksanaan media animasi motion graphics yang digunakan sudah sangat baik, ini terbukti dari data hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer. Pada siklus I dengan persentase 96,7% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan untuk siklus II diperoleh persentase 98,5% dengan kriteria “sangat baik” hasil tersebut didapat dari 3 aspek dalam keterlaksanaan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Selain itu aspek kognitif siswa juga meningkat terbukti dari hasil belajar siswa yang meningkat setiap siklusnya. Berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus hasil belajar siswa sebesar 17. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketercapaian mencapai 50%. Lalu hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 83%. Dengan demikian ketercapaian kompetensi yang dihasilkan dengan persentase 83% siswa berkategori lulus, melebihi indikator keberhasilan dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai lebih dari 70%.
Keywords:
Media Animasi, motion graphicDownloads
References
Agustin, R., Primadani, A. Y., & Handayani, V. (2022). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Ips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Di Sdn Kalisalam II. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2(3), 90-94.
Ajiprabowo, G. W., & Handriyotopo, H. (2020). Design Promotion Media For Reog Ponorogo With Graphic Motion Of Wayang Kulit. Artistic : International Journal of Creation and Innovation, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.33153/ARTISTIC.V1I1.2993
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video as Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.37905/JJI.V2I1.4640
Ani, N. K. K., Darsana, I. W., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11018
Carra, E., Santoni, C., & Pellacini, F. (2019). Grammar-based procedural animations for motion graphics. Computers & Graphics, 78, 97–107. https://doi.org/10.1016/J.CAG.2018.11.007
Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan media video animasi motion graphics pada mata pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97-102.
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12- 29
Indrawan, I. W. A., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632
Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di paud habibul ummi ii. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250-263.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74–79.
Maulannisa, D., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-9. Https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jp.
Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54
Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2), 1– 9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10789
Pratama, G. H. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 23(1), 131–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402
Rahadi, I. N., Darwan, D., & Handoko, H. (2020). The Use of Learning Media Motion Graphics Towards Students Mathematical Understanding. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 5(2), 97-104.
Rizal, M., Butsiarah, B., & Pahany, M. A. (2021). Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Stmik Akba. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 8-15.
Romadonah, E. S., & Maharani, I. N. (2019). Motions graphic sebagai media pembelajaran. Jurnal Utile, 5(2), 115-122.
Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android Pada Siswa Kelas V Sd Semester 1. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135-143.
Sa'adah, I., Pramono, S. E., & Suharso, R. (2017). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/ijhe/article/view/19904
Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.33369/DIKSA.V7I2.20986
Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain LayangLayang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115
Suharnan. (2011). Psikologi Kognitif. Jakarta: Intermedia Group.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anwar Abdurrahman, Suyoto, Titi Anjarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work