Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1027Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan keaktifan dan hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran menulis karya ilmiah menggunakan media faststone di masa pandemic covid – 19 pada Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Terbuka Surakarta Tahun Akademik 2020.1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penarikan simpulan terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan Mahasiswa dan daftar nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karya ilmiah pada siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah Mahasiswa yang mendapat nilai tuntas adalah 20 Mahasiswa atau 71 %, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 8 Mahasiswa atau 29 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 23 Mahasiswa atau 82% . Kesimpulan penelitian ini pembelajaran menulis karya ilmiah menggunakan media Faststone dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan Mahasiswa I A Prodi PGSD UT Surakarta.
Keywords:
Menulis, Karya ilmiah, Media Faststone, Pandemi, Covid-19Downloads
References
Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT Trans Media.
Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. (2009). An Assessment of Faculty Usage of Youtube as a Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7(1), 8
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar MahaMahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada MahaMahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada MahaMahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko N., Kundharu S. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International Conferences Seword Fresh, 1-7.
DeWitt, D., Alias, N., Siraj, S., Yaakub, M. Y., Ayob, J., & Ishak, R. (2013). The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 103, 1118 -1126.
Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, L., (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193–200.
Lewandowski, M. (2015). Creating Virtual Classrooms (Using Google Hangouts) For Improving Language Competency. Language Issues: The ESOL Journal 26(1): 37-42.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol. 5(1), 135-159.
Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di STIKOM Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 17(1), 159-171.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan Mahasiswa . Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.
Rohandi, Y. (2020). Teaching EFL Students Using Selected Media: Offline Video Taken From YouTube. The journal of Ultimate Research and Trends in Education. Vol 2(1), 29-33.
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’ur Bululawang. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 3 (1), 469-482.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work