Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Dengan Penggunaan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.890Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA. Guru berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menerapkan media gambar dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan penelitian, (3) pengumpulan data, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, dan siklus II sehingga dapat disimpulkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa ada mata pelajaran IPA.
Keywords:
media gambar, hasil belajar, IPADownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work