Arabic Domino Card dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muallim Wijaya
  • Fattah Khoirun Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5019

Abstract

Dalam mempelajari bahasa asing, sebagian besar kendala disebabkan oleh kemampuan dalam mengingat kosakata, karena kosakata merupakan salah satu faktor dari pembentuk bahasa. Menghafal  kosa kata dalam bahasa masih mengalami kesulitan terlebih lagi bahasa asing. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, banyak pengajar bahasa asing menggunakan media permainan, salah satunya adalah menggunakan media kartu domino. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mufrodat anak SD dengan menggunakan kartu domino. Kartu domino mempunyai titik yang berpasangan dengan ujung kartu yang lain. Permainan ini dimanfaatkan dengan mengubah titik tersebut dengan mufrodat yang nantinya bisa dipasangkan dengan arti atau mufrodat tersebut di ujung kartu lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Raudlatul Jannah Desa Klaseman Probolinggo dengan sampel siswa kelas VI sebanyak 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan hafalan mufrodat siswa kelas VI SD Raudlatul Jannah Desa Klaseman setelah diterapkan media Arabic docard tergolong tinggi, yaitu sebanyak 8 orang atau (40%), yang tergolong sedang sebanyak 5 orang atau (25%), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 orang atau (35%). Namun hasil pengujian secara inferensial menunjukkan bahwa penerapan media kartu Arabic Domino Card tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hafalam mufrodat siswa kelas VI SD Raudlatul Jannah Desa Klaseman Probolinggo.

Keywords:

bahasa arab, mufrodat, kartu domino

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A., Judrah, M. and Syukri, M. (2021) ‘Implementasi Metode Al-Thorīqah Al-Mubāsyarah (Direct Method) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara (Mahru Al-Kalām) Pada Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), pp. 76–91. Available at: https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.558.

Anjani, S. (2017). Peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang tahun ajaran 2016/2017. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Aziza, L.F. and Muliansyah, A. (2020) ‘Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), pp. 56–71. Available at: https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.

Baroroh, R.U. and Rahmawati, F.N. (2020) ‘Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(2), pp. 179–196. Available at: https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.

Faizin, M., Al-Ghozali, M.D.H. and Zulfah, M.A. (2020) ‘Penggunaan Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Vii Di Mts Tarbiyatus Shibyan Surabaya’, 1(2).

Firmansyah, D. and Dede (2022) ‘Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), pp. 85–114. Available at: https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Gemilang, C. (2018) ‘Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan Struktur Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah’.

Hayati, N., & Wijaya, M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Melalui Blanded Learning Dalam Meningkatkan Receptive Skill Peserta Didik di Pondok Pesantren. Palapa, 6(2), 1-18.

Inayah, N. and Mariah, E. (2019) ‘Peningkatan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Untuk Memahami Wacana Bahasa Arab Melalui Media Kartu Bergambar (Bithoqotu Ash-Shuroh) Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Gowa’.

Ishaq, D.H. (2020) ‘Metode Penelitian Hukum Dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi’.

Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300-319.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Muyassarah, M. I. (2015). Teori Tentang Belajar dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1).

Palupi, L. E. (2020). Pengaruh Metode Joyfull Learning Berbantu Media Arabic Domino Card Terhadap Penguasaan Mufradat Pelajaran Bahasa Arab Materi ِفَصْقَمْلا ِفِ Siswa Kelas V Mi Darul Ulum Semarang Tahun Ajaran 2019/2020.

Syah, I. J. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1).

Wahab, A. and Pd, M. (2022) ‘Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang Di Kelas Vii Smpn 1 Kayangan, Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2021/2022’, 1(1).

Yanti, L. T. (2020). Pengaruh Strategi Education Games Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Negeri 04 Tulang Bawang Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Abstract Views : 1333
Downloads Count: 713

Published

2023-06-01

How to Cite

Wijaya, M., & Khoirun, F. (2023). Arabic Domino Card dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 731–736. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5019

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.