PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BENDA- BENDA DI SEKITAR KITA

  • Frederika Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Treffinger

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik  pada tema benda-benda disekitarku di kelas V SD Negeri 091332 Raya Bayu . Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada postes siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 12 siswa (46,15%) sedangkan 14 siswa (53,84%) mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 53,84%. Pada postes siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 22 siswa (84,61%) dan yang tidak tuntas 4 siswa (15,39%), dengan rata-rata hasil belajar 80,53. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Treffinger  terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema benda-benda disekitarku di kelas V SD Negeri 091332 Raya Bayu Kabupaten Simalungun.

Published
2020-11-30
How to Cite
Simanjuntak, F., Simarmata, E., Sinaga, R., & Silaban, P. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BENDA- BENDA DI SEKITAR KITA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 482-488. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.577
Section
Articles