HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR

  • Christine Matanari Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Pendidikan Karakter, Perkembangan Sosial Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak di kelas V SD Muhammadiyah 10 Medan Kota tahun pembelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 10 Medan Kota berjumlah 128 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel random dalam hal ini peneliti memilih kelas V yang berjumlah 35 siswa untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui pendidikan karakter dan perkembangan sosial anak adalah angket yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya. Kedua variabel berdistribusi normal karena 0,200 ≥ 0,05. Dari uji Linearitas diketahui nilai signifikan Deviation from Linearity sebesar 0,833 ≥ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara pendidikan karakter dengan perkembangan sosial anak. Dilakukan Uji t pada taraf nyata (∞ = 0,05) bahwa thitung  ≥ ttabel yaitu 5.639 ≥ 2.034 dengan ini membuktikan bahwa Ha diterima, sehingga Penulis menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak di kelas V SD Muhammadiyah Medan Kota.

Published
2020-11-25
How to Cite
Matanari, C., Lumban Gaol, R., & Simarmata, E. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 294-300. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435
Section
Articles