Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hakim Mufadhal Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Istaryatiningtias Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3011

Abstract

Hasil belajar adalah capaian yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya orang tua. Peran orang tua cukup vital dalam keberhasilan belajar anak. Di mana pun anak menjalani pendidikan, orang tua tetap berperan dalam menentukan hasil belajar anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring  di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 1 Kota Depok. Metode penelitian yang gunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian survei. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua siswa kelas VI SD Negeri Sukmajaya 1 dalam pembelajaran daring termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan pada 47% orang tua siswa ikut serta berperan dalam membimbing dan memberikan motivasi kepada anak-anaknya selama pembelajaran daring. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran orang tua selama pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di kelas VI di SD Negeri Sukmajaya 1 Depok. Besaran dari pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 44,6%. Dengan demikian apabila peran orang tua dalam pembelajaran daring baik, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orang tua sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Keywords:

Peran orang tua, siswa sekolah dasar, hasil belajar, pembelajaran daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Betty, K., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orang tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607.

Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2), 98–107. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.198.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I. ., Rahayu, A. E. ., & Wardani, I. K. . (2022). Kedudukan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118–125. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.137

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8

Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939.

Handayani, C., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memberikan Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1350-1355.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://jcup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Jimmi, V. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741.

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 151-158.

Na’im, Z., Ahsani, F., & Luthfi, E. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621.

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orang Tua selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

Retnowati, S., & Widiana, H. S. (2021). Peran Orangtua Terhadap Pendampingan Belajar Anak Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 94-99.

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104-1111.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107. https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.

Downloads

Abstract Views : 1455
Downloads Count: 887

Published

2022-12-31

How to Cite

Mufadhal, H., & Istaryatiningtias, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1669–1676. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3011

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.