Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Amalia Adila Universitas Muria Kudus
  • Sucipto Universitas Muria Kudus
  • F. Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120

Keywords:

Konsentrasi, Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran terhadap materi selama pembelajaran. Rendahnya konsentrasi merupakan permasalahan belajar siswa, khususnya pelajaran IPA yang memungkinkan terjadi miskonsepsi. Penelitian bertujuan mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa pada pelajaran IPA, faktor pendukung dan penghambat konsentrasi belajar, dan upaya guru mengatasi faktor penghambat konsentrasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitaitf. Penelitian dilakukan di SD 5 Bae, bulan April – Mei dengan subjek penelitian 4 siswa kelas 5, diambil dengan mempertimbangkan kriteria kebiasaan siswa serta guru wali kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SD 5 Bae memiliki konsentrasi yang baik dalam pembelajaran IPA dari perilaku kognitif dan psikomotorik siswa. Faktor pendukung konsentrasi belajar siswa ialah kondisi jasmani yang sehat, metode pengajaran yang menarik, tidak menekan siswa sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar. Faktor penghambat konsentrasi belajar siswa secara eksternal yaitu kondisi ruang kelas yang kurang nyaman dan kebisingan dari kelas lain. Upaya guru menangani faktor penghambat konsentrasi siswa adalah menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, tidak menekan siswa seperti mengisi ice breaking dengan bercerita dan kuis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto, J., Helmi, N., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 147-153.

Arianti, O. F., Ahmad, N., & Yanuarti, E. (2019). Upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di jam siang pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI)(Studi Kasus di SMKN 1 Semende Darat Laut) (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).

Aprilia, D., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Bili, L. D., & Lengo, M. D. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68-78.

Dores, S. P., Jiran, O., Lisa, M. C., & Vorina, O. (2019). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sdn No 20 SP2 SKPH Manis Raya Tahun Ajaran 2018/2019. J-PiMat, 1(2), 57-68.

Floristia, S., Andhika, S., & Alawiyah, T. (2020). Pengaruh jarak tempat tinggal dengan kampus terhadap kosentrasi belajar mahasiswa di kelas. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 22-28.

Hakim, T. (2005). Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta : Puspa Swara.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Husna, S. M., & Kurniawan, D. A. (2021). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas X IPA MAN 1 Merangin. SENRIABDI 2021, 1(1), 62-74.

Kumala , F. (2016). Pembelajaran IPA. Malang: Ediide Infografika.

Kusumaningrum, H., & Risminawati, M. P. (2017). Peran Guru Kelas Dalam Penguatan Konsentrasi Belajar Sebagai Bentuk Pelaksanaan Bimbingan Konseling Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah 5 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lestari, F. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikolog. 12(1), 88-99.

Malawi, I., & Tristiar, A. A. (2016). Pengaruh konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(02), 118-131.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1), 27-31.

Muhtar, M., Kamal, H., & Assaad, A. S. (2019). Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 8(1), 10-18.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.

Yusuf, A., Wanto, N., & Pertiwi, D. (2018). Perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa antara kebisingan lingkungan sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 484-489.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120