Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Beatrix Ela Salu Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5158

Abstract

Penelitian eksperimen kelas V di SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga yang dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat masalah hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPS. Hasil belajar siswa kelas V dengan nilai rata-rata PTS kelas A 63,2 sedangkan nilai PTS kelas B 53,6 dengan KKM 65. Guru menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together. Metode penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang dilakukan pada dua kelas dimana setiap kelas mendapat perlakuan yang berbeda. Dikelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.  Subjek penelitian dilakukan di kelas V. Kelas A berjumlah 16 siswa dan Kelas B berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh: thitung sebesar 2,148 Hasil analisis uji t atau uji beda dengan menggunakan t-test for equality of means dengan Dig.2-tailed kelompok eksperimen maupun kontrol sebesar 0,040. Oleh karena nilai signifikasi 2-tailed kedua kelas lebih < 0,05. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga.

Keywords:

Teams Games Tournament, Numbered Head Together, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.

Harianja, J. K. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif . Medan : Yayasan Kita

Laeliah, S. M. ., & Fachruroji, F. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.352

Marhadi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 73-81.

Muharromah, S. I., & Fatmawati, N. (2021). Peningkatan Pembelajaran IPS di MTs/SMP Berbasis Kurikulum 13 dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 197-212.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.

Putra, E. O., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(7).

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Situmorang, H. . (2022). Improving Learning Outcomes in Mathematics Classes via Rewards and Punishments: an Action Research. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.28

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Suastika, I. N. (2021). Perbandingan Posisi Ips Pada Kurikulum Indonesia Dan Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 697-709.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanti, S. P., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Pendidikan IPS. CV. AE Media Grafika.

Zahn, G. L., Kagan, S., & Widaman, K. F. (1986). Cooperative learning and classroom climate. Journal of School Psychology, 24(4), 351-362.

Downloads

Abstract Views : 355
Downloads Count: 229

Published

2023-09-24

How to Cite

Salu, B. E., & Hardini, A. T. A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1475–1480. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5158

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.