Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5158Abstract
Penelitian eksperimen kelas V di SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga yang dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat masalah hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPS. Hasil belajar siswa kelas V dengan nilai rata-rata PTS kelas A 63,2 sedangkan nilai PTS kelas B 53,6 dengan KKM 65. Guru menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together. Metode penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang dilakukan pada dua kelas dimana setiap kelas mendapat perlakuan yang berbeda. Dikelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Subjek penelitian dilakukan di kelas V. Kelas A berjumlah 16 siswa dan Kelas B berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh: thitung sebesar 2,148 Hasil analisis uji t atau uji beda dengan menggunakan t-test for equality of means dengan Dig.2-tailed kelompok eksperimen maupun kontrol sebesar 0,040. Oleh karena nilai signifikasi 2-tailed kedua kelas lebih < 0,05. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Head Together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kutowinangun 07 Salatiga.
Keywords:
Teams Games Tournament, Numbered Head Together, Hasil BelajarDownloads
References
Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).
Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.
Harianja, J. K. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif . Medan : Yayasan Kita
Laeliah, S. M. ., & Fachruroji, F. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.352
Marhadi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 73-81.
Muharromah, S. I., & Fatmawati, N. (2021). Peningkatan Pembelajaran IPS di MTs/SMP Berbasis Kurikulum 13 dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 197-212.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.
Putra, E. O., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(7).
Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Situmorang, H. . (2022). Improving Learning Outcomes in Mathematics Classes via Rewards and Punishments: an Action Research. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.28
Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).
Suastika, I. N. (2021). Perbandingan Posisi Ips Pada Kurikulum Indonesia Dan Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 697-709.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanti, S. P., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Pendidikan IPS. CV. AE Media Grafika.
Zahn, G. L., Kagan, S., & Widaman, K. F. (1986). Cooperative learning and classroom climate. Journal of School Psychology, 24(4), 351-362.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Beatrix Ela Salu, Agustina Tyas Asri Hardini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work