PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Ed. Candrawati SMA Negeri 1 Jalaksana
Keywords: direct intruction, hasil belajar, biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kegiatan pembelajaran dan kegiatan belajar dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) serta hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom Action Research dengan metode deskriptif  yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap sebagai berikut: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru Biologi dan seluruh siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan belajar pada model pembelajaran langsung dan lembar tes digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa yang merupakan soal berupa pilihan ganda. Hasil analisis data observasi kegiatan pembelajaran oleh guru  siklus 1 diperoleh rata-rata skor kegiatan belajar yaitu 16 pada siklus 1 dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 21 pada siklus 2 dengan kategori baik. Pada siklus 1 nilai rata-rata kelas yaitu 68,64 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 56% (tidak tuntas) pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 85,91 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 81% (tuntas). Disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran oleh guru dan kegiatan belajar oleh siswa serta  hasil belajar  biologi siswa dikelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana.

References

Arikunto, S.( 2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menegah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eggen, P. dan D. Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Febriani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Gunung Talang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Fried, G.H. dan Hademenos. (2006). Biologi Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka , 471-478. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/68

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evalusi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmana, E. Lestari, R. & Karno, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tambusai Utara. Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi, 2(1).

Trianto. (2011). Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Utama, C. Kentjananingsih, S. & Rahayu, YS. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi Sma Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains, 1 (1), 29-39.

Yustimar. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Siswa Kelas V SDN 029 Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Published
2020-06-03
How to Cite
Candrawati, E. (2020). PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 140-146. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.287
Section
Articles