Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4726Abstract
IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar. IPS bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sikap sosial, dan nilai-nilai sosial secara individu maupun kelompok di lingkungan masyarakat. Namun kenyataanya beberapa siswa diketahui masih kesulitan dalam pembelajaran ini, salah satunya ditemukan di SDN Bebie. Oleh karenanya diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, salah satunya model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Bebie. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Laps Heuristik dibandingkan dengan siswa pada kelas yang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran LAPS-heuristik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Laps-heuristik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Keywords:
laps heuristik , hasil belajarDownloads
References
Ahmadi dkk,2005, Strategi belajar Mengajar –Edisi Revisi,PT.Pustaka Setia : Bandung Arikunto, Suharsimi,2007. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta : Jakarta.
Ahmadi dkk,2016, Strategi belajar Mengajar –Edisi Revisi,PT.Pustaka Setia : Bandung
Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.
Djamarah, Syaipul Bahri, 2002, Fisiko Belajar, Cetakan 1, PT. Rineka Cipta : Jakarta
Egret, Eliza & Anderson, Tom. 2016. Struggle for Autonomy in Kurdistan& corporate complicity in the repression of social movement in Rojava & Bakur. London: Freedom Press.
Imansjah Alpiandie, 1984, Deduktip Metode Pendidikan Umum, Usaha Nasional : Srabaya Segala, 2003, Konsep Belajar Dan Makna Pembelajaran, Al-Pabeta : Bandung
Sisdiknas, 2003, Undang-Undang System Pendidikan Nasional-Direktorat Jendral Pendidikan Dan Kebudayaan : Jakarta
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Wilyan Pratama, Muhammad Makki, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work