Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Ahmad Wilyan Pratama Universitas Mataram
  • Muhammad Makki Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4726

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar. IPS bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sikap sosial, dan nilai-nilai sosial secara individu maupun kelompok di lingkungan masyarakat. Namun kenyataanya beberapa siswa diketahui masih kesulitan dalam pembelajaran ini, salah satunya ditemukan di SDN Bebie. Oleh karenanya diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, salah satunya model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Bebie. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Laps Heuristik dibandingkan dengan siswa pada kelas yang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran LAPS-heuristik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Laps-heuristik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Keywords:

laps heuristik , hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dkk,2005, Strategi belajar Mengajar –Edisi Revisi,PT.Pustaka Setia : Bandung Arikunto, Suharsimi,2007. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta : Jakarta.

Ahmadi dkk,2016, Strategi belajar Mengajar –Edisi Revisi,PT.Pustaka Setia : Bandung

Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Djamarah, Syaipul Bahri, 2002, Fisiko Belajar, Cetakan 1, PT. Rineka Cipta : Jakarta

Egret, Eliza & Anderson, Tom. 2016. Struggle for Autonomy in Kurdistan& corporate complicity in the repression of social movement in Rojava & Bakur. London: Freedom Press.

Imansjah Alpiandie, 1984, Deduktip Metode Pendidikan Umum, Usaha Nasional : Srabaya Segala, 2003, Konsep Belajar Dan Makna Pembelajaran, Al-Pabeta : Bandung

Sisdiknas, 2003, Undang-Undang System Pendidikan Nasional-Direktorat Jendral Pendidikan Dan Kebudayaan : Jakarta

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alpabeta: Bandung

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Downloads

Abstract Views : 514
Downloads Count: 313

Published

2023-05-30

How to Cite

Pratama, A. W., Makki, M., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 724–730. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4726

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.