MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

  • Aprina Tumanggor Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumbangaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: Hasil Belajar, Word Square

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran word square pada tema udara bersih bagi kesehatan di kelas V SD Harapan Baru Medan tahun pembelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Harapan Baru Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada sub tema Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia dengan menggunakan model pembelajaran word square  di SD Harapan Baru Medan. Hasil penelitian ini dapat dilihat melalui peningkatan persentase hasil belajar siswa setiap siklus. Pada prates yang tuntas 4 orang siswa (13%), sedangkan yang tidak tuntas 26 orang siswa (87%) dengan nilai rata-rata 67,97. Pada posttest siklus I yang tidak tuntas16 orang siswa (54%), sedangkan yang tuntas14 orang siswa (46%) dengan nilai rata-rata 67,97. Pada posttest siklus II yang tidak tuntas 24 orang siswa (80%), sedangkan yang tidak tuntas 6 orang siswa (20%) dengan nilai rata-rata 82,87. Hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 70 dengan kategori baik dan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 84 sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I dengan nilai 72 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan kategori baik.

Published
2020-11-30
How to Cite
Tumanggor, A., Simarmata, E., Lumbangaol, R., & Silaban, P. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 475-481. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.573
Section
Articles