Media Puzzle Daur Hidup Hewan Untuk Menstimulasi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Andi Wibowo Universitas Islam Raden Rahmat
  • Istiqomatul Mufidah RA Miftahul Huda, Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1848

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media puzzle pada materi daur hidup hewan, mengetahui tingkat kelayakan media puzzle daur hidup hewan dan untuk mengetahui tingkat keefektivan media puzzle yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Brog and Gall. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa, (1) Tingkat kelayakan hasil uji coba pengembangan media puzzle dari ahli media diperoleh rata-rata 98,9% dengan kategori sangat valid/sangat baik sedangkan dari ahli materi diperoleh rata-rata 93,2% dengan kategori sangat baik. (2) Tingkat keeefektivan dari media puzzle daur hidup hewan dilihat dari tes hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media puzzle memperoleh hasil dengan rata-rata 66,75 sedangkan hasil belajar setelah menggunakan media puzzle memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 84,4375. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran puzzle daur hidup hewan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa

Keywords:

media puzzle, daur hidup hewan, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, P., Fadiawati, N., Diawati, C., & Kadaritna, N. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran POE Pada Materi Termokimia Dalam Memingkatkan Keterampilan Inferensi Dan Penguasaan Konsep. Jurnal pendidikan kimia dan pembeajran kimia Universita lampung, 4(3), 68-74.

Aeni, N. N., Sujana, A., & Sunaengsih, C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 471-480.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction. New. York: Longman.

Dale, E. (1969) Audio Visual Methods in Teaching. New York: The Dryden Press.

Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernis, P., & Hazmi, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem melalui Media Puzzle Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 45-56.

Indriyanti, L., Gani, A. A., & Muhardini, S. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 108-118.

Kusuma, I. A. (2018). Pengembangan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Sukomulyo Pujon Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/13385/1/14140022.pdf diakses pada 01/09/2021.

Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 113-120.

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107.

Mardiah. (2015). Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI, 1 (1): 61-77.

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 282.

Muhrim, R. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi. Jurnal Konsepsi, 8 (3): 128-131.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salimah, I. N., & Nurwulan, R. R. L. (2021). Penggunaan Media Puzzle Pada Materi Persebaran Fauna Di Dunia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik: Penelitian Eksperimen Kelas XI IPS di SMA Bina Dharma 2 dan SMA Muhammadiyah 2 Bandung. GEOAREA| Jurnal Geografi, 4(1), 9-18.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardjo & Ukim, K. (2009). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suwandi, W. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 186-193.

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354-362.

Downloads

Abstract Views : 620
Downloads Count: 626

Published

2022-06-27

How to Cite

Wibowo, A., & Mufidah, I. (2022). Media Puzzle Daur Hidup Hewan Untuk Menstimulasi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 661–669. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1848

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.