Hubungan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kedisiplinan dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Penjaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto korelasional. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: (1) ada korelasi yang positif antara kedisiplinan dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Penjaringan; (2) ada korelasi yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Penjaringan; (3) ada korelasi yang positif antara kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Penjaringan. Variabel kedisiplinan dan motivasi belajar pada penelitian ini memberikan sumbangan terhadap hasil belajar matematika sebesar 12%. Siswa yang memiliki kedisiplinan dan motivasi belajar tinggi, maka hasil belajar matematikanya tinggi. Demikian pula sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi siswa, guru, sekolah, dan orang tua untuk mendapatkan hasil belajar matematika yang tinggi.
Keywords:
Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar MatematikaDownloads
References
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Corpus, J. H., & Wormington, S. V. (2014). Profiles of intrinsic and extrinsic motivations in elementary school: A longitudinal analysis. The Journal of Experimental Education, 82, 480–501. doi: 10.1080/00220973.2013.876225
Froiland, J. M. & Worrell, F. C. (2016). Intrinsic motivation, learning goals, engagement, and achievement in a diverse high school. Psychology in the Schools, 53, 321–336. doi: 10.1002/pits.21901
Goetz, T., Frenzel, A. C., Pekrun, R., Hall, N. C., & Lüdtke, O. (2007). Between- and withindomain relations of students' academic emotions. Journal of Educational Psychology, 99, 715–733. doi:10.1037/0022-0663.99.4.715
Gottfried, A. E. (1990). Academic intrinsic motivation in young elementary school children. Journal of Educational Psychology, 82, 525–538. doi: 10.1037/0022-0663.82.3.525
Haag, L., & Götz, T. (2012). Mathe ist schwierig und Deutsch aktuell: Vergleichende Studie zur Charakterisierung von Schulfächern aus Schülersicht [Math is difficult and German up to date: A study on the characterization of subject domains from students’ perspective]. Psychologie in Erziehung und Unterricht, 59(1), 32–46. doi:10.2378/peu2012.art03d
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniadin, D. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Musu-Gillette, L., Wigfield, A., Harring, J., & Eccles, J. S. (2015). Trajectories of change in students’ self-concepts of ability and values in math and college major choice. Educational Research and Evaluation, 21, 343–370. doi: 10.1080/13803611.2015.1057161
Pertiwi, N. P. E. W. P., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 301-308.
Reid, G. (2015). Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Jakarta: Indeks.
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. (2014). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Walker, C. O., Greene, B. A., & Mansell, R. A. (2006). Identification with academics, intrinsic/extrinsic motivation, and self-efficacy as predictors of cognitive engagement. Learning and Individual Differences, 16, 1–12. doi: 10.1016/j.lindif.2005.06.004
Yuliany, N. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SDN Emmy Saelan Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 126-137.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Kurniasari, Gusti Yarmi, Kartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work