Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator

Authors

  • Septiany Maulani Soraya Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Kurjono Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Imas Purnamasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa dari proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Tujuan dari penelian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas XI IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling menggunakan Rumus Slovin sehingga didapat 78 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan teknik angket. Setelah dilakukan uji instrument data dan uji prasyarat yaitu asumsi klasik, teknik analisis data menggunakan regresi, karena menggunakan moderasi maka menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) (moderated) Hasil penelitian menyatakan (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara literasi digital, Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderating terhadap Hasil beIajar peserta didik keIas XI SMA Mata Pelajaran Ekonomi (2) Literasi Digital secara parsial memiliki pengaruh pada nilai hasil belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI (3) Motivasi pembelajaran sebagai Variabel Moderating secara parsial memiliki pengaruh yang berakibat pada nilai hasil belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI.

Keywords:

literasi digital, motivasi belajar, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139–147. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147

Anderson, L., & Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Belajar.

Anggraini, F. A., & Riyadi. (2020). Pengaruh Media Website Dalam Pembelajaran Discovery Learning Dan Kemampuan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Islam Di Nusantara Kelas X Di Sma Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. Avatara, 9(1).

Astuti, D. P., Siswandari, & Santosa, D. P. (2017). E-Book for Problem Based Learning to Improve Learning Outcome of the Students. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 158(Ictte), 220–227. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.45

Bawden, D. (2001). Progress in documentation: The economics of computer-based information systems : A review. Journal of Documentation, 57(1), 218–259. https://doi.org/10.1108/eb026593

B. S. Bloom. (1954). Taxonomy of Educational Objectives. New York:Longman’s, Green and Company.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Falck, O., Heimisch-Roecker, A., & Wiederhold, S. (2021). Returns to ICT skills. Research Policy, 50(7), 104064. https://doi.org/10.1016/j.respol.2020.104064

Hanewald, R. (2013). Transition between primary and secondary school: Why it is important and how it can be supported. Australian Journal of Teacher Education, 38(1), 62–74. https://doi.org/10.14221/ajte.2013v38n1.7

Harie Wibowo, A., Sunardi, & Mulyadi. (2014). Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(April), 49–58.

Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, I(skor 403), 44–55.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Holzberger, D., Philipp, A., & Kunter, M. (2013). How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, 105(3), 774–786. https://doi.org/10.1037/a0032198

Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133–142.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Nur Hafifah, G., & Harry Sulistyo, G. (2020). Teachers’ ICT Literacy and ICT Integration in ELT in The Indonesian Higher Education Setting. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(3), 186–198.

Nurvitasari, E., & Poerwandar Asmaningrum, H. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia SMA Di Distrik Merauke. Jurnal Magistra, 5(1), 48–061.

Panisoara, G., Duta, N., & Panisoara, I.-O. (2015). The Influence of Reasons Approving on Student Motivation for Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1215–1222. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.382

Shabani, K. (2012). Dynamic assessment of L2 learners’ reading comprehension processes: A Vygotskian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2010), 321–328. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.047

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT. Bumi Aksara.

Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’sari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 679–684.

Wardani, M. A. P., & Harwanto, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99–106.

Wenceslaus, O. (2010). Relevance and benefits of management by objectives to secondary school management in Anambra State : Teachers views. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 2(September), 99–104.

Winarno, A., & Ashari, V. D. (2022). Hubungan Antara Literasi TIK dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12826

Downloads

Abstract Views : 742
Downloads Count: 1205

Published

2023-05-27

How to Cite

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681–687. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537

Issue

Section

Articles