Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak

Authors

  • Laili Sobriani Puspita Sari Universitas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak broken home pada motivasi belajar anak di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak dengan mengambil subjek orang tua, guru dan anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak broken home pada motivasi belajar anak berpengaruh terhadap motivasi belajar mengalami penurunan, keluarga yang broken home perhatian dari orang tuanya terhadap anak berkurang sehingga berpengaruh pada dampak motivasi belajar, anak menjadi malas belajar, dan tidak semangat. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dua anak yang mengalami broken home di Desa Donorojo Kecamatan Demak Kabupaten Demak yang berpengaruh pada motivasi belajarnya, hal itu ditunjukkan kondisi S dan Y yang malas untuk belajar, tidak mempunyai semangat, gairah dan motivasi belajar. Saran saya adalah orang tua harus lebih memperhatikan anak khususnya pada saat belajar, sebagai orang tua harus mampu memberikan dukungan serta semangat untuk membangun motivasi belajar anak dan untuk penelitian selanjutnya semoga penelitian ini bermanfaat bagi para peneliti.

Keywords:

Broken Home, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117..

Endriani, A. (2020). Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan sikap disiplin siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 42-49.

Gintulangi, W., Puluhulawa, J., & Ngiu, Z. (2018). Dampak Keluarga Broken Home Pada Prestasi Belajar Pkn Siswa Di Sma Negeri I Tilamuta Kabupaten Boalemo. Jurnal Pascasarjana, 2(2), 336-341..

Indriani, D., Haslan, M. M., & Zubair, M. (2018). Dampak perceraian orang tua terhadap motivasi belajar anak. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1).

Mahnunin, J., & Ridjal, T. (2021). Identifikasi Tingkah Laku Siswa dari Keluarga Broken Home (Studi Kasus tentang Keluarga Broken Home dan Tingkah Laku Siswa MTs). Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 4(1), 30-47.

Mone, H. F. (2019). Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155-163.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat, Y. (2019). Faktor-Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di SMK. Journal of mechanical engineering education, 6(2), 258-265.

Najmudin, D. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Broken Home pada Mata pelajaran Pendidika Agama Islam. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 42-52.

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212.

Sari, A. M., Sovianti, F., & Widyastuti, R. D. (2019). Perubahan Perilaku Anak Akibat Kasus Broken Home Orang Tua Di Kecamatan Subah Kabupaten Batang. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(2), 72-80.

Satata, D. B. M. (2021). Self-Disclosure Sifat Independen Anak Tunggal pada Keluarga Broken Home. Jurnal Psikologi Perseptual, 6(1), 53-65.

Siregar, M. D., & Wadi, A. A. (2019). Pengaruh Konseling Realita Terhadap Kesulitan Anak Menerima Keadaan Keluarga Broken Home. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(1), 1-11.

Trianingsih, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter, 2(1), 9-16.

Trisnawati, W., & Sugito. (2021). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831.

Wulandari, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman remaja korban broken home (studi kualitatif fenomenologis). Jurnal Empati, 8(1), 1-9.

Downloads

Abstract Views : 4897
Downloads Count: 2956

Published

2023-07-01

How to Cite

Sari, L. S. P., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1153–1159. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5010

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.