Efektivitas Problem-Based Learning Berbasis Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6472Abstract
Pendidikan memainkan peran krusial dalam pembentukan masyarakat yang maju dan berkelanjutan, di mana salah satu aspek utamanya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang dan memotivasi siswa untuk belajar. Motivasi belajar menjadi faktor penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran dan pencapaian akademis siswa. Namun, rendahnya motivasi belajar, terutama pada siswa SD, menjadi tantangan yang masih dihadapi oleh sebagian besar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tentang penggunaan Problem-Based Learning (PBL) berbasis media Papan Pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 SD. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, dilakukan dua siklus pembelajaran di kelas 1B SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media Papan Pintar dalam pembelajaran efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Siklus pertama menunjukkan rendahnya motivasi dan hasil belajar, tetapi setelah menerapkan PBL berbasis Papan Pintar pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dalam motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, penggunaan media Papan Pintar dalam pembelajaran dapat membawa dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar dan pencapaian akademis siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan penggunaan media Papan Pintar dalam strategi pembelajaran di kelas 1 SD, dengan fokus pada keterlibatan siswa dan pemanfaatan media yang menarik. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna dan efektif bagi siswa di tingkat pendidikan dasar.
Keywords:
Problem-Based Learning, Papan Pintar, Motivasi BelajarDownloads
References
Afandi, M., & Handayani, T. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Materi IPA MI. Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi), 6(1), 88-106.
Ariati, J. (2017). Hubungan antara persepsi terhadap metode pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar biologis siswa kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Cahyanti, A. E. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny (pp. 83-92).
Gule, Y., & Th, S. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru). Penerbit Adab.
Lase, A. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar. Warta Dharmawangsa, (48).
Masnawati, E., Kurniawan, Y., Djazilan, M. S., Hariani, M., & Darmawan, D. (2023). Optimalisasi Kinerja Akademik Melalui Efikasi Diri, Motivasi Akademik dan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(11), 463-471.
Putra, I. K. D. A. S., & Indrayanti, N. L. P. N. M. (2023). The Influence Of Problem Based Learning Methods On Learning Outcomes And Student Motivation In Science Subjects At Sdn 4 Abuan. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(3), 22-30.
Ramangsa, T. (2023). Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Topik Karakteristik Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi Pada Siswa Kelas X Sma Dharma Pancasila Medan 2022-2023. Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 1(2), 538-546.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.
Sabandar, J. (2013). Berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Tersedia Di Website: Http://File. Upi. Edu/Direktori/Fpmipa/Jur. _Pend. _Matematika/194705241981031-Jozua_Sabandar/Kumpulan_Makalah_Dan_Jurnal/Berpikir_Reflektif2. Pdf.(Diakses Tanggal 08 Oktober 2017).
Wahyuni, S., & Fitrianti, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Interaktif pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Selayar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 712-717.
Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244-250.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda Putri Utami, Ida Dwijayanti, Mei Fita Asri Untari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work